Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Kerja Setelah Liburan? Mari Rencanakan Pelesiran Selanjutnya...

Kompas.com - 03/01/2017, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun yang panjang dan kini Anda mulai kerja kembali. Ada perasaan berat dan sedih ketika Anda kembali kepada rutinitas. Jika Anda mengalami hal ini, bisa jadi Anda kehilangan semangat paska kembali dari liburan panjang alias post vacation blues.

Perasaan ini biasa terjadi pada pegawai kantoran yang memiliki waktu sedikit untuk liburan. Gejala ini terkesan remeh tetapi sebenarnya bisa mempengaruhi pekerjaan Anda.

Michael "Dr. Woody" Woodward, penulis buku The YOU Plan, seperti dikutip dari Huffingtonpost.com, memiliki beberapa kiat untuk mengatasi perasaan tersebut. Ia menyarankan pelancong untuk merencanakan beberapa "liburan mini" dibanding "satu liburan besar di akhir tahun atau di pertengahan tahun".

"Rencanakan beberapa kegiatan kecil yang akan Anda nanti-nantikan," katanya. "Rancang aktivitas yang akan membuat Anda keluar dari rutinitas kerja, sehingga mampu menyegarkan Anda, membuat Anda bersemangat, dan memberikan Anda kesempatan untuk mengeluarkan stres Anda," jelasnya.

Jadi, coba segara rencanakan liburan singkat di akhir pekan ke kota terdekat. Jika Anda di Jakarta, bisa pilih wilayah sekitar seperti Kepulauan Seribu, Tangerang, Bogor, ataupun Depok. Walau dekat, agar suasana liburan benar-benar terasa, Anda bisa menginap semalam di destinasi wisata tersebut.

Rencanakan juga liburan jangka panjang di destinasi wisata yang jaraknya lumayan jauh dari tempat Anda tinggal. Misalnya ke destinasi wisata yang beda pulau. Tidak perlu yang terlalu jauh. Pilih destinasi wisata yang bisa dijelajahi dalam waktu tiga hari dua malam.

Misalnya jika Anda di Jakarta, bisa rencanakan liburan di Belitung. Cari tanggal merah atau tanggal lainnya. Sebaiknya pilih bukan tanggal merah tetapi Anda bisa cuti di tanggal tersebut. Misalnya berangkat hari Kamis dan pulang hari Sabtu. Jadi Anda punya sisa hari Minggu untuk beristirahat sebelum masuk kantor kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com