Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi

Kompas.com - 04/01/2017, 17:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar durian merah banyuwangi, bersiaplah untuk menyantap buah dengan daging berwarna cerah itu.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akan menyelenggarakan acara Festival Durian Songgon di Kecamatan Songgon pada bulan Mei mendatang.

"Kita nanti adakan Festival Durian Songgon. Songgon itu pusatnya durian yang paling enak di Banyuwangi. Kita taruh di bulan Mei karena melihat masa panen durian di Songgon," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda saat dihubungi KompasTravel, Rabu (4/1/2017).

(BACA: Cara Memilih Durian Merah Ternyata Beda dengan Durian Biasa)

Bramuda mengatakan wisatawan bisa menemukan durian merah khas Banyuwangi pada Festival Durian Songgon.

Ia menyebut wisatawan bisa datang dan menikmati durian merah yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan.

"Songgon itu kan dikenal sebagai destinasi wisata juga. Bisa metik durian di sana. Kalau khusus durian, itu di Festival Durian Songgon. Tapi kalau festival durian dengan buah-buahan lain seperti mangga, pisang, jeruk, jambu nanti di acara Agro Expo bulan April," katanya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Jenis durian merah Si Wuyut Desa Kemiren, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.
Ia mengatakan festival durian biasanya diselenggarakan pada bulan Mei lantaran dicocokkan dengan masa panen buah durian. Bramuda menyebut jika curah hujannya lambat, musim panen durian di Banyuwangi bisa bergeser.

"Durian itu kan erat kaitannya panas. Kalau banyak hujan bisa pengaruh sama panennya," ujarnya.

Ia mengatakan melalui Festival Durian Songgon ini bisa mendorong dan mengangkat potensi lokal di Kecamatan Songgon. Selain itu, nantinya akan didatangkan durian-durian merah dari kecamatan-kecamatan lain di Banyuwangi.

Seperti diketahui, durian-durian merah di Banyuwangi banyak dipanen dari kecamatan seperti Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin, dan Giri. Bramuda menambahkan, di Festival Durian Songgon, wisatawan bisa menemukan durian merah dengan harga sekitar Rp 250.000 per buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com