Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Baru Husein Sastranegara Rute Internasional Beroperasi

Kompas.com - 07/01/2017, 14:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan terminal baru untuk melayani penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat mulai 6 Januari 2017. Terminal bandara untuk penerbangan internasional ini memiliki luas 6.297 meter persegi dan mampu menampung sebanyak satu juta penumpang per tahun.

Director Operation & Engineering PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo berterima kasih atas dukungan dan doa dari berbagai pihak sehingga sehingga soft operation terminal internasional baru Bandara Husein Sastranegara dapat berjalan lancar.
 
"Dari sisi fasilitas pelayanan, terminal baru ini memiliki 10 counter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Automatic Baggage Conveyor terbaru untuk mempermudah serta mempercepat pengambilan bagasi kepada pengguna jasa bandara," kata Djoko seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (6/1/2017).
 
 
Menurut Djoko, Angkasa Pura II optimistis jika terminal baru ini akan mampu menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional guna mendukung pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat khususnya Bandung dan Indonesia secara umum.
 
Sejalan dengan beroperasinya terminal domestik dan internasional yang baru maka Bandara Internasional Husein Sastranegara kini memiliki kapasitas total 3,4 juta penumpang per tahun atau jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya hanya 600.000 penumpang per tahun.
 
Terminal internasional baru ini mengusung konsep eco-airport yang modern dengan perpaduan citarasa budaya lokal. Konsep tersebut tertuang dalam arsitektur bentuk atap terdiri dari atap Julang Ngapak provinsi Jawa Barat.
 
Desain interior keseluruhan terminal pun juga mendapat sentuhan khusus dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sehingga meningkatkan estetika bandara kebanggaan ibu kota Bandung.
 
Fasilitas pelayanan juga ditingkatkan sesuai dengan standar Skytrax antara lain seperti disediakannya nursery room, quiet room, free charging terminal, free internet & WiFi, serta fasilitas penyandang disabilitas.
 
Selain itu dari sisi estetika seni, PT Angkasa Pura II (Persero) juga bekerja sama dengan seniman Nyoman Nuarta untuk menempatkan beberapa karya seni patung khas Indonesia yang ditempatkan di gallery terminal internasional.
 
Total investasi yang dikeluarkan PT Angkasa Pura II untuk pembangunan terminal baru domestik dan internasional serta fasilitas di Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah Rp 177 miliar yang seluruh pendanaannya pembangunan tersebut menggunakan kas internal korporasi.
 
Pengguna jasa dan masyarakat yang pertama kali mencoba terminal baru ini adalah penumpang AirAsia nomor penerbangan AK 417 tujuan Kuala Lumpur dengan keberangkatan pukul 08.30 WIB dan AirAsia nomor penerbangan QZ 365 tujuan Singapura berangkat pukul 08.35 WIB.
 
Bandara Husein Sastranegara saat ini melayani 40 penerbangan internasional per minggu dan 64 penerbangan domestik per hari. Maskapai yang telah membuka penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara adalah AirAsia, Lion Air, Citilink, Kalstar, Nam Air, Xpress Air, Wings Air, Malindo Air dan Silk
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com