Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASPPI: Aceh Harus Kembangkan Destinasi Wisata Baru

Kompas.com - 07/01/2017, 20:06 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, Umar Machtub menegaskan, pemerintah provinsi Aceh harus mampu mengembangkan destinasi wisata baru jika menginginkan sektor ini menjadi andalan daerah.

"Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Aceh harus mampu mengembangkan destinasi pariwisata yang baru," kata Umar Machtub di Banda Aceh, Jumat (6/1/2017).

Ia mengatakan, potensi pariwisata Aceh cukup menjanjikan, karena banyak obyek wisata yang layak jual dan berpotensi dikunjungi wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Namun, menurut Umar, dari sekian banyak obyek wisata tersebut, yang menjadi destinasi beberapa saja, di antaranya Pulau Weh.

"Laut dan gunung di Aceh luar biasa. Kalau semua potensi itu ada dikembangkan dan dijadikan destinasi pariwisata, Aceh akan menjadi daerah tujuan wisata yang bisa diandalkan," kata Umar Machtub.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Museum Tsunami Aceh, Rabu (21/10/2015).
Menjadikan sebuah destinasi wisata, lanjut Umar, harus mendapatkan dukungan penuh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk dukungan regulasi guna memproteksi kultur masyarakat.

Dukungan itu berupa pembangunan infrastruktur serta sarana, dan promosi. "Masyarakat juga harus mau menerima kehadiran wisatawan," kata Umar Machtub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com