Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Maskapai Teraman di Dunia 2017 Versi AirlineRatings.com

Kompas.com - 08/01/2017, 13:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs pengulas penerbangan, Airlineratings.com menetapkan maskapai penerbangan asal Australia, Qantas sebagai maskapai teraman di dunia. Predikat tersebut dirilis Airlinesratings.com pada 5 Januari 2017.

Menurut Airlinesratings.com, maskapai Qantas disebut tak memiliki catatan kecelakaan selama berkiprah di dunia penerbangan. Airlinesratings.com menganggap predikat yang telah diraih selama empat tahun ini adalah rekor yang luar biasa.

Editor AirlineRatings.com mencatat bahwa Qantas sepanjang 96 tahun perjalanan maskapai telah mengumpulkan prestasi keselamatan penerbangan yang menakjubkan sejak mulai beroperasi. Prestasi itu kini diakui oleh British Advertising Standards Association sebagai maskapai yang berpengalaman dalam segi keamanan.

British Advertising Standards Association
British Advertising Standards Association

(BACA: Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu di Dunia adalah...)

Maskapai Qantas dianggap memimpin dalam pengembangan Sistem Navigasi Udara di Masa Depan; Perekam Data Penerbangan untuk memantau pesawat dan kinerja awak kabin; pendaratan otomatis menggunakan Global Navigation Satellite System serta pendekatan presisi saat mendeteksi pegunungan yang tertutup awan menggunakan RNP (Required Navigation Performance).

QANTAS Seragam pramugari Qantas
Qantas juga adalah maskapai yang memimpin dari segi pemantauan mesin secara real time di seluruh armadanya menggunakan komunikasi satelit. Cara tersebut memungkinkan maskapai untuk mendeteksi masalah sebelum menjadi isu keamanan pesawat membesar.

Dikutip dari laman Airlinesratings.com, pilihan predikat maskapai teraman di dunia diambil berdasarkan perhitungan atas berbagai faktor. Sistem penilaian AirlineRatings.com memperhitungkan audit dari otoritas penerbangan, asosiasi, audit pemerintah, dan catatan rekor keselamatan dari setiap maskapai.

Lebih lanjut AirlineRatings.com juga memeriksa sejarah operasional, rekor kejadian, dan keunggulan operasional.

"20 maskapai teraman yang kami pilih selalu berada terdepan dari inovasi keamanan, unggul secara operasional, dan banyak meluncurkan maskapai yang lebih maju seperti A350, 787, dan 777x," kata Editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas seperti dikutip dari CNN Travel.

Berikut 20 maskapai penerbangan teraman yang dipilih oleh AirlineRatings.com sesuai dengan urutan abjad.

Air New Zealand

Alaska Airlines

All Nippon Airways

British Airways

Cathay Pacific Airways

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com