Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Siap Bantu Grup Band Promosikan Indonesia Lewat Video Klip

Kompas.com - 10/01/2017, 21:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan memberikan kemudahan akses video-video pariwisata Indonesia untuk grup band Coldplay atau grup band lain terkait pembuatan video klip.

Hal itu disampaikan Menpar seusai acara ASITA Awards dalam rangka ulang tahun ke-46 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/1/2017).

"Itu ide yang bagus. Kalau Coldplay mau (memasukkan video Indonesia) lagi, saya kasih yang terbaik high density, Atau kalau ada band lainnya. Jadi bisa terlihat rumus ada endosers. Itu penting banget. Kalau endorse sangat kuat, dampak promosi sangat bagus," kata Arief kepada KompasTravel terkait rencana menggaet band sekelas Coldplay untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

BACA JUGA: Tiga Budaya Indonesia Tampil pada Klip Video Coldplay Amazing Day

Arief mengatakan Kementerian Pariwisata akan mendukung pihak manapun, misalnya manajemen atau promotor Coldplay yang ingin mengatur terkait rencana promosi pariwisata lewat video seperti yang telah dilakukan.

Ia mengungkapkan Kementerian Pariwisata sangat ingin mewujudkan rencana dukungan promosi pariwisata lewat video yang dibuat oleh grup band.

"Dampak (video Coldplay) itu satu, anak-anak muda ingin Coldplay main nonton di Indonesia. Yang kedua lagunya banyak, tapi yang sering kita denger itu Paradise. Itu kalau (Coldplay) mau latar videonya, saya mau banget (kasih)," imbuhnya.

Ia mengaku senang dengan kemunculan ikon-ikon budaya Indonesia di video Amazing Day yang dirilis oleh Coldplay lewat saluran Youtube pada Kamis (5/1/2017).

"Saya senang sekali, sayang sekali kita tidak kita manage dengan baik saat mereka (Coldplay) minta itu. Tapi anyway terima kasih untuk Coldplay," ungkapnya.

Video klip Amazing Day dari Coldplay berdurasi hampir lima menit. Di dalam video itu terselip tiga budaya Indonesia yakni Tari Saman dari Aceh di detik 1:49, Tari Topeng Malangan dari Malang di detik 1:56, dan perempuan mengenakan pakaian khas Bali di detik 3:49.

Video klip Amazing Day adalah sebuah proyek khusus dari Coldplay bagi para fansnya yang diberi nama 'Amazing Day Global Short Film Project'. Pada tanggal 19 November 2016, Coldplay mengajak fansnya untuk ikut serta mengirimkan video singkat berdurasi 20 detik menampilkan dunia para fans.

Coldplay mensyaratkan video harus diambil vertikal, lalu diunggah ke Instagram, mencantumkan lokasi pengambilan gambar, dan menggunakan hashtag #ColdplayAmazingDay. Kemudian, pengunggah mengirim link ke alamat situs amazingday.coldplay.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com