Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senja di Pantai Kuno Caernarfon

Kompas.com - 11/01/2017, 11:25 WIB

EMBUSAN angin sejuk memasuki gerbang benteng kota Caernarfon yang berdinding batu kehijau-hijauan.

Sore itu, setelah perjalanan jauh dari Pegunungan Snowdonia, kami menginap di Black Boy Inn yang masih mempertahankan arsitektur bangunannya sejak awal abad ke-15.

(BACA: Pelesir ke Inggris? Ini Tips Penting Aplikasi Visa Inggris)

Tak ingin melewatkan momen, kami berjalan kaki sejauh 100 meter dari hotel menuju dermaga Caernarfon, tempat terbaik menyaksikan matahari tenggelam.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Kotak Surat di Alun-alun Kota di Wales.
Sejumlah wisatawan yang kebanyakan berusia tua tampak berdiri di pagar tepi pantai untuk mengabadikan dengan kamera saku, sebagian lagi duduk santai sambil bercengkerama di kursi kayu.

Sementara warga lokal lebih suka berolahraga lari mengelilingi benteng.

(BACA: Lupakan Sejenak Inggris, Ini 3 Negara Keren Lainnya di Britania Raya)

Kota Caernarfon dulunya adalah kota kerajaan di Gwynedd, Wales, Inggris Raya. Sejarah datang dan hidup di Caernarfon, sepanjang benteng dan tingginya kastel ini.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Makan Malam di Black Boy Inn, Wales.
Raja Edward I dari Inggris sejak tahun 1283 mulai membangun benteng baru di kota ini tidak hanya sebagai benteng militer, tetapi juga pusat pemerintahan dan istana kerajaan yang paling terkenal di Wales, yakni Kastel Caernarfon.

Kini, kota Caernarfon adalah tujuan wisata populer di Wales, dan kastel yang menjadi primadona ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1986. (Agus Susanto)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 8 Januari 2017, di halaman 28 dengan judul "Senja di Pantai Kuno Caernarfon".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com