Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.001 Orang Akan Tampilkan Tari Saman di Gayo Lues, Aceh

Kompas.com - 13/01/2017, 12:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sebanyak 10.001 orang akan membawakan tari saman secara massal di Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, pertengahan Maret mendatang. Acara tari saman ini sebelumnya telah diselenggarakan dua kali di Aceh.

"Ini merupakan bagian dari upaya pelestarian dan promosi tari saman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi dalam keterangan tertulis kepada KompasTravel beberapa hari yang lalu.

Ia mengatakan peserta acara 10.001 penari saman di Blang Kejeren berasal dari perwakilan masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gayo Lues.

"Di sana (Gayo Lues) hampir semua orang bisa saman baik tua maupun muda. Makanya, (tari saman) dapat pengakuan UNESCO karena merupakan seni yg sangat orisinil dan mengakar di kehidupan masyarakatnya," tambahnya.

BACA JUGA: Legit dan Murah, Ini Dia Roti Selai Khas Aceh

Adapun acara 10.001 penari saman di Gayo Lues tepatnya akan diselenggarakan di Stadion Kota Blang Kejeren. Penyelenggaraan tari saman sebelumnya, lanjut Reza, diikuti oleh 5.000 orang.

"Lima ribu orang itu memang sudah terbanyak dan sekarang mereka bikin lagi yang 10 ribu," tambahnya. Untuk tanggal penyelenggaraan 10.001 penari saman di Gayo Lues, Reza belum bisa memastikan. Ia mengatakan masih menunggu masa Pemilihan Kepala Daerah.

"Mengenai tanggal saya konfimasi lagi ke panitianya. Buat saja pertengahan dulu," jelas Reza.

Kabupaten Gayo Lues berlokasi sekitar 472 kilometer dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh. Sementara, dari Bandara Kualanamu, Medan, Kabupaten Gayo Lues berjarak 344 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com