Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Terbaik Mendinginkan Kopi...

Kompas.com - 13/01/2017, 15:42 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Secangkir kopi yang baru diseduh pasti beraroma semerbak, membuat kita ingin cepat-cepat menyeruputnya. Namun hati-hati, meneguk langsung kopi panas bisa saja "membakar" lidah dan tenggorokan Anda. 

Sebelum dikonsumsi, kopi memang harus didinginkan barang sebentar. Namun tak jarang peminum kopi yang mendinginkan kopinya dengan cara meniup permukaan kopi dengan kencang. Padahal, itu cara yang salah.

BACA JUGA: Hangatnya Racikan Kopi Berpadu Rempah

Situs Travel and Leisure, Jumat (13/1/2017) menghimpun dua cara mendinginkan kopi dengan benar.

Pertama adalah meniup dari lubang kecil pada penutup cangkir (lid). Meniup dilakukan selang beberapa detik, dan tidak sekaligus.

Kedua adalah dengan membuka penutup (lid) cangkir kopi. Cara ini lebih efektif dan lebih cepat dibanding meniup dari lubang kecil.

BACA JUGA: Perjalanan Panjang Biji Kopi hingga ke Cangkir Anda

Cara ilmiah mendinginkan kopi ini disebut "mendinginkan dengan evaporasi". Semakin besar permukaan yang terbuka, semakin besar kemungkinan evaporasi atau penguapan.

Jadi, jika Anda butuh kafein namun tak ingin "membakar" lidah sendiri, ada baiknya mendinginkan kopi terlebih dahulu dengan dua cara tadi. Hanya butuh sekitar lima menit, kopi pun sudah bisa dinikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com