Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pancake Durian Jia, Meleleh Seketika di Mulut...

Kompas.com - 14/01/2017, 10:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari luar pancake durian ini tampak seperti pancake durian lain. Namun saat masuk di mulut dan digigit, seketika krim dan daging durian yang lembut akan meleleh di mulut.

Rasanya begitu lembut, berpadu sempurna antara tesktur kulit pancake yang tipis, daging durian yang legit, dan krim yang ringan. Sensasi ini membuat pecinta durian tak akan puas menyantap satu pancake durian dari restoran Jia, Shangri-La Hotel, Jakarta. 

"Bedanya pancake durian ini dengan yang lain yaitu kulit (pancakenya) lebih tipis dan lembut. Kita juga hanya pakai durian yang segar," kata Executive Chinese Chef Christoper Chai di restoran Jia, Shangri-La Hotel Jakarta, Jumat (13/1/2016).

Chai yang merupakan keturunan China dari Ipoh, Malaysia, mengatakan inspirasi membuat makanan penutup pancake durian ini datang dari daerah asalnya.

Pancake durian di Restoran Jia, Shangri-La Hotel.
"Pancake durian itu mulai terkenal di Malaysia sekitar tahun 2005. Untuk pancake durian di Jia kami pakai krim buatan sendiri dan durian dari Medan. Cari pancake durian itu mudah, tetapi yang kulitnya lembut itu susah," kata Chai.

Harus diakui, pancake durian dari restoran Jia ini memang terbilang beda dengan pancake durian lain yang kadang meninggalkan sensasi berat dan bau menyengat. Di sini selain bertekstur lembut, aroma durian nyaris hilang. Krim yang terkandung di pancake durian juga tak menempel di lidah. Hal ini berarti penggunaan krim masak berkualitas baik. 

Hanya saja terlalu banyak lipatan di bagian bawah sehingga menimbukan tesktur tebal di beberapa bagian. Namun demikian terbalas dengan isian pancake durian yang nikmat. 

Deep fried swan with almond sauce.

Selain pancake durian, Chai merekomendasikan makanan pencuci mulut lain saat bersantap di restoran Jia, yakni deep fried swan with almond sauce, yakni kulit pastry berlapis yang di dalamnya terdapat isian puree kacang almond manis. Rasanya renyah di luar dan lembut di dalam. Tampilannya cantik yaitu menyerupai bentuk angsa.

Harga satu porsi pancake durian isi tiga pancake di restoran Jia dihargai Rp 45.000. Sedangkan satu porsi deep fried swan with almond sauce isi tiga dihargai Rp 32.000. Restoran Jia adalah restoran baru dari Shangri-La Hotel Jakarta, yang pada awal tahun 2017 dibuka menggantikan restoran Shang Palace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com