Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan di Menu Imlek dan Maknanya...

Kompas.com - 14/01/2017, 15:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Makan bersama keluarga merupakan salah satu tradisi merayakan Imlek. Biasanya makan bersama keluarga dilakukan pada malam sebelum Imlek atau hari Imlek. Ada beberapa hidangan wajib dalam menu makan di hari raya Imlek.

"Biasanya di meja makan harus ada berbagai unsur, dari yang berenang, yang di darat berkaki empat, dan berkaki dua. Semua makanan saat Imlek juga ada artinya," kata pakar kuliner William Wongso di acara Makan Siang Bersama Tradisi Imlek Mall Ciputra Jakarta, Kamis (12/1/2017). 

Pada acara Makan Siang Bersama Tradisi Imlek Mall Ciputra Jakarta disajikan delapan hidangan yang biasa ada di tradisi Imlek, dengan penjelasan makna di baliknya yang disampaikan oleh William Wongso berikut ini:

1. Yu Sheng

Yu sheng adalah sejenis salad dari campuran sayur dan buah yang dibuat oleh koki dari Singapura pada tahun 1964. Tradisi unik dari yu sheng adalah cara mengaduk yu sheng, yakni masing-masing anggota keluarga mengangkat yu sheng tinggi-tinggi. Semakin tinggi mengangkat sayur dianggap semakin baik, lambang harapan akan terkabul.

2. Eight treasure soup (Sup delapan jenis)

Sup yang menggunakan delapan jenis bahan dasar yang terdiri dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, dan biji lotus. Menyantap sup ini merupakan harapan dari usaha atau bisnis berkembang pesat di tahun yang baru.

3. Udang

Udang adalah makanan lambang kemakmuran, tak heran hidangan udang selalu ada di tradisi makan bersama Imlek, yang dimasak dengan bumbu khas masing-masing keluarga.

4. Teripang

Teripang yang biasanya dimasak dengan abalon merupakan lambang harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Uniknya harga teripang akan melambung tinggi jelang imlek, hingga mencapai jutaan rupiah untuk kualitas teripang yang baik.

5. Ikan bandeng

"Masakan Bandeng adalah kebudayaan orang indonesia. Lucunya saya cuma lihat bandeng ukuran besar di Jakarta, sekitar tiga kilogram saat jelang Imlek," kata William. Ikan bandeng menurutnya adalah lambang usaha yang lancar, melaju penuh keberuntungan.

"Tak pernah lihat ikan berenang mundur, kan? Selalu ke depan," kata William.

6. Ayam kodok

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com