Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Bakso dengan Kuah Air Kelapa, Bagaimana Rasanya?

Kompas.com - 15/01/2017, 17:08 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Siapa yang tak akrab dengan bakso. Masyarakat di Indonesia tentu tidak asing dengan menu daging yang dibentuk bulat, kemudian disajikan dengan mie dan kuah ini.

Namun bakso yang ada di Yogyakarta tepatnya Warung Berkah, Jalan Sugeng Jeroni No 62 Wirobrajan, Patangpuluhan, berbeda dengan bakso lainya. Perbedaan bukan terletak pada ukuran baksonya, melainkan bahan dan penyajiannya yang menggunakan kelapa muda.

Bakso Degan, begitu nama hidangannya. Bahkan di Yogyakarta sendiri, inilah satu-satunya gerai bakso yang menjual hidangan unik tersebut. 

"Bakso Degan ini baru yang pertama di Yogyakarta," ujar Wiwik Adriana, salah satu pemilik warung Berkah, Sabtu (14/01/2017).

BACA JUGA: Hujan-hujan Enaknya Ngebakso, Ini 5 Bakso Unik Patut Dicoba

Di warung bakso Berkah, air degan (kelapa muda) yang biasanya diolah menjadi minuman justru menjadi kuah bakso. Rasa gurih dan manisnya air degan diracik dengan bumbu, menghasilkan kuah bakso yang berbeda dan istimewa di lidah.

"Kuahnya memang air degan yang udah diracik dan dimasak dengan bumbu-bumbu rahasia kami. Degan yang digunakan degan hijau, tentu harus dipilih yang pas, tidak terlalu muda dan terlalu tua," beber Wiwik.

Tak hanya itu, keunikan lainya adalah mie bakso. Jika biasanya mie bakso terbuat dari tepung, di Warung "Berkah" justru mengunakan serutan daging degan alias daging kelapa muda sebagai mie.

Tingkat kekenyalan daging degan dan rasanya yang gurih berkombinasi dengan kuah bakso panas, terasa unik namun nikmat di lidah. Selain itu, daging yang digunakan dalam bakso degan juga berbeda. Bukan sapi, melainkan terbuat dari ikan kakap.

BACA JUGA: Ngebakso Murah Hanya Rp 3.000? Coba Cicipi Bakso Krikil

Penyajiannya pun cukup unik. Bakso, mie dan kuah degan disuguhkan dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Tak hanya itu, pembeli yang menginginkan porsi lebih spesial akan disuguhkan bakso di dalam kelapa utuh. Menggunakan sendok, Anda dapat mengupas sendiri daging degan di dinding-dinding bagian dalam sebagai mie.

Anda yang ingin menikmati bakso degan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga bakso degan dalam mangkuk batok kelapa dipatok seharga Rp 13.000 per porsi, sedangkan bakso dalam kelapa utuh dipatok seharga Rp 18.000 per porsi.

Sensasi kenikmatan bakso degan akan lebih komplit dan lebih memanjakan lidah jika Anda memesan minuman es degan. Es degan di warung Berkah ini menggunakan gula aren asli. Es degan gula aren ini pun disajikan dalam mangkuk batok kelapa.

BACA JUGA: Unik, Bakso Disajikan dengan Sambal Rujak dan Spageti

Wiwik berkisah, warung Berkah ini di buka pada 12 Desember 2016 bersama tiga temannya yang merupakan alumni SMP Maria Immaculata Yogyakarta. Mereka yakni Okti Wardani, Didik, Ong Esti.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com