Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bujuk Maskapai Asal Singapura Buka Rute Baru

Kompas.com - 19/01/2017, 06:59 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Indonesia membujuk maskapai Scoot dan Tigerair untuk membuka rute penerbangan baru ke Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam kunjungan ke kantor Scoot dan Tigerair di Bandara Internasional Changi, Singapura, Rabu (18/1/2017).

"Yang baru itu pertama kita minta Solo. Karena dia (Scoot dan Tigerair) buka untung. Kedua Manado itu yang baru. Ketiga kalau mau, dulu pembicaraannya Padang," jelas Arief kepada KompasTravel seusai pertemuan.

(BACA: Turis Indonesia Menangi 1 Juta Dollar Singapura dari Bandara Changi)

Menurut Menpar, pasar-pasar wisatawan menuju destinasi tersebut sudah potensial secara bisnis. Ia juga menyebutkan destinasi Belitung sebagai destinasi baru yang diinginkan Kemenpar.

"Terbanglah ke Solo. Kami punya Solo, Yogyakarta dan Borobudur," ujar Arief untuk menyakinkan pihak Scoot dan Tigerair.

Chief Executive Officer Scoot dan Tigerair, Lee Lik Hsin mengatakan pihaknya akan membicarakan permintaan Indonesia dengan pihak Singapore Airlines Grup. Pasalnya, Scoot dan Tigerair adalah maskapai penerbangan yang berada di bawah jaringan Singapore Airlines.

"Indonesia adalah sesuatu yang ingin kita lakukan (pengembangan bisnis," jelas Lee Lik Hsin kepada KompasTravel seusai pertemuan dengan Menteri Pariwisata.

Direktur Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya akan memberikan kemudahan untuk pihak Scoot dan Tigerair dalam segi slot penerbangan maupun kemudahan dalam bentuk insentif.

Adapun AP II memberikan kemudahan dalam bentuk cash dan non cash untuk maskapai yang membuka rute baru ke bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II.

"Kalau bentuk non cash, kita bisa berikan landing free cost, parkir gratis, garbarata gratis, kemudian kita juga akan kasih slot advertising gratis di bandara," kata Awaluddin kepada KompasTravel.

Sementara untuk insentif dalam bentuk cash, Awaluddin menjelaskan insentif ini bisa menekan biaya operasi maskapai yang membuka rute baru ke bandara-bandara AP II.

Adapun maskapai berbiaya hemat Scoot dan Tigerair telah melayani penerbangan dari Singapura ke tiga destinasi di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com