Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2017, 06:23 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan salah, jika Anda cenderung orang yang tidak rapi atau menjurus ke jorok, perilaku Anda akan tercermin saat menginap di kamar hotel.

Petugas houskeeping di hotel adalah sosok yang dapat dengan mudah mengetahui asal dan perilaku tamunya. 

"Biasanya tamu yang paling kotor itu dari ada dari beberapa negara dan tamu keluarga tanpa pandang negara," kata Executive Housekeeper Hotel Santika Premiere Bintaro, Faroek Fuady, Selasa (17/1/2017).

(BACA: Etiket Memberi Tip untuk Staf Housekeeping Hotel)

Tak jarang kehadiran para tamu ini sudah diantisipasi oleh petugas housekeeping, karena mereka tahu harus berusaha ekstra untuk membersihkan kamar hotel yang dihuni oleh tamu tersebut. 

"Biasanya hanya butuh 25-30 menit untuk satu kamar, ini bisa sampai 45 menit sampai satu jam," kata Faroek.

Ruangan penuh dengan abu rokok, pampers bekas, noda makanan yang berlepotan, sampai handuk yang dijadikan keset kaki masuk sebagai beberapa daftar kejorokan para tamu yang menambah panjang jam kerja petugas housekeeping. 

"Houskeeping biasa bekerja dengan strategi, mereka akan melihat kamar mana saja yang bersih dan yang kotor. Kemudian mereka akan membersihkan kamar bersih dahulu lalu membersihkan kamar yang kotor," kata Faroek.

Menurut Faroek petugas housekeeping akan sangat gembira saat menemukan kamar yang walk out alias tamunya tak menginap di kamar. Sedangkan duka petugas housekeeping adalah saat menemukan kamar yang sangat kotor.

"Petugas housekeeping itu kerjanya sangat menguras fisik. Selama satu shift delapan jam membersihkan kamar. Sedangkan hasil perkerjaannya hanya ada bersih atau tidak bersih," kata Faroek.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com