Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Thailand Kembangkan Rute Penerbangan ke Solo

Kompas.com - 20/01/2017, 18:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Indonesia dan Thailand sepakat mengembangkan konektivitas udara antar-negara lewat kota-kota kedua Thailand ke Solo.

Hal itu setelah pertemuan bilateral antara Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn Wattanavrangkul.

"Kesepakatannya, (Indonesia dan Thailand) mengembangkan aksesibilitas dari kota-kota kedua bukan hanya Bali, Jakarta, juga Yogyakarta," kata Asisten Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Wilayah Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani kepada KompasTravel seusai acara pertemuan di Hotel Pan Pacific, Singapura, Jumat (20/1/2017).

Ia menyebut salah satu poin yang disepakati adalah pembahasan wacana rute membuka penerbangan dari kota kedua Thailand ke Solo.

Rizki menjelaskan, dari pihak Thailand konektivitas yang bisa dikembangkan adalah melalui jalur udara.

Shutterstock ILUSTRASI - Pasangan berbulan madu di Thailand
"Satu dikaitkan dengan IMT-GT, jadi bagaimana Phuket, Hanchai, Songkla, kemudian kota kedua kita di IMT-GT bisa terkoneksi. Kalau Penang-Medan sudah ada. Tinggal bagaimana membuat ini menjadi satu connectivity," jelasnya.

IMT-GT adalah kerja sama antara tiga negara tergabung dalam Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) 32 provinsi dan negara bagian untuk meningkatkan kapabalitas negara-negara ASEAN dalam kerangka integrasi ekonomi dan masyarakat Asia Tenggara dalam koridor Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Adapun sepuluh dari Indonesia (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Lampung), delapan dari Malaysia (Perlis, Kedah, Pulau Pinang, Perak, Selangor, Kelantan, Melaka dan Negeri Sembilan) dan 14 dari Thailand (Nakhon, Yala, Pattani, Songkhla, Narathiwat, Satun, Trang, Phattaling, Nakhon Si Thammarat, Chumphon, Ranong Krabi dan Surat Thani).

Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn Wattanavrangkul mengatakan akan segera menindaklanjuti rencana pembukaan rute baru dari kota-kota kedua di Thailand ke Solo.

Hal itu akan dilakukan menyusul kesepakatan yang terjadi dalam pertemuan bilateral Indonesia dan Thailand.

KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Wisatawan sedang naik gajah di komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
"Tourism of Thailand punya kantor di Jakarta, kami nanti akan bentuk tim untuk bekerja bersama," kata Kobkarn kepada KompasTravel seusai pertemuan.

Menurutnya, Solo merupakan destinasi yang populer di Thailand. Kobkarn menyebut konektivitas Indonesia-Thailand adalah salah satu misi penting bagi pemerintah Thailand.

Adapun pertemuan antara Indonesia dan Thailand turut membahas kerja sama di bidang wisata bahari dan wisata budaya. Wisata bahari yang akan dikembangkan adalah wisata yacht, sedangkan wisata budaya adalah Candi Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com