Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Untuk Orang Thailand, Candi Borobudur Itu Sangat Terkenal..."

Kompas.com - 24/01/2017, 18:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn  Wattanavrangkul mengatakan Candi Borobudur di Jawa Tengah, sangat terkenal bagi masyarakat Thailand.

"Lion Air kini ingin rute baru dari Solo ke Thailand. Itu sangat memungkinkan karena Borobudur. Untuk orang Thailand, Candi Borobudur itu sangat terkenal," kata Kobkarn kepada KompasTravel di sela-sela acara ASEAN Tourism Forum 2017 di Singapura, Jumat lalu.

Ia mengatakan tahun lalu, orang-orang Thailand telah banyak berkunjung ke Candi Borobudur. Kobkarn menyebut salah satunya adalah ketika tahun lalu orang-orang Thailand datang untuk merayakan Buddhist Day di Borobudur.

"Kami akan melakukan kerja sama trail of civilization. Program itu maksudnya bagaimana memastikan kunjungan ke Thailand dari turis Indonesia lebih banyak dan juga keluar (ke Borobudur). Trail of civilization wisata tentang perjalanan Buddha," jelasnya.

Ia mengatakan popularitas Candi Borobudur di mata wisatawan Thailand bisa dikembangkan dengan rute penerbangan baru dari Thailand ke Solo.

Asisten Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan ketertarikan wisata sejarah yang terkait dengan agama tengah berkembang di kalangan anak muda Thailand.

KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN Candi Borobudur
Data kunjungan wisatawan mancanegara asal Thailand sepanjang Januari-November tahun 2016 sebanyak 2.051 orang masuk melalui Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Yogyakarta sendiri banyak dikunjungi sebagai pintu masuk menuju Candi Borobudur.

Sementara, wisman asal Thailand yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta, Banten sebanyak 43.529 orang.

Adapun pertemuan antara Indonesia dan Thailand turut membahas kerja sama di bidang wisata bahari dan wisata budaya. Wisata bahari yang akan dikembangkan adalah wisata yacht, sedangkan wisata budaya adalah Candi Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com