Turis Indonesia Gemar Liburan ke Taman Rekreasi di Johor, Malaysia - Kompas.com

Turis Indonesia Gemar Liburan ke Taman Rekreasi di Johor, Malaysia

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 25/01/2017, 08:05 WIB
www.legoland.com.my Sekolah mengemudi di Legoland Malaysia

SINGAPURA, KOMPAS.com - Turis Indonesia gemar berkunjung ke taman rekreasi di Johor, Malaysia. Hal itu diungkapkan divisi pemasaran dua taman rekreasi di Johor yakni Legoland dan Puteri Harbour.

"Setelah lima tahun, memang untuk market turis internasionalnya nomor satu untuk kami. Jadi setiap tahun kalau mau membuat pemasaran market internasional, Indonesia mesti menjadi destinasi utama sasaran kami untuk marketing. Satu tahun itu sekitar 80.000 - 90.000 orang Indonesia datang," kata Head of Sales & Marketing Taman Rekreasi Puteri Harbour, Hasbullah Rosli kepada KompasTravel di sela-sela acara Asean Tourism Forum (ATF) 2017 di Singapura, pekan lalu.

Ia mengatakan turis Indonesia yang biasa datang ke taman rekreasi Puteri Harbour adalah untuk wisata keluarga. Hasbullah menyebut turis Indonesia biasa datang pada bulan November - Februari dan Juni - Agustus.

"Orang Indonesia biasanya suka wahana Thomas Town di lantai tiga. Thomas Town ini adalah tokoh kartun klasik yang sudah ada 67 tahun yang lalu. Orang tua dan muda semua tahu Thomas Town," jelasnya.

BACA JUGA: Mengintip Cara Malaysia Mengelola Gunung Kinabalu

Head of Sales Legoland Malaysia Resort, Nirubah Karalasingam menyebut turis Indonesia juga merupakan penyumbang turis mancanegara terbesar keempat ke Legoland. Menurutnya, turis Indonesia yang pergi ke Legoland biasanya datang dari Kota Jakarta, Medan, dan Surabaya.

"Turis Indonesia sangat penting bagi Legoland karena Indonesia adalah salah satu penyumbang wisatawan internasional. Turis Indonesia merupakan pasar yang penting bagi kami," kata Nirubah kepada KompasTravel di kesempatan yang sama.

Menurutnya, turis Indonesia menyukai Legoland lantaran permainan yang bisa ditemukan. Nirubah mengatakan turis Indonesia suka bermain dengan lego-lego yang bisa dibentuk menjadi aneka rupa.

"Legoland memang kami tawarkan untuk segmen keluarga dan anak-anak kecil," tambah Nirubah.

BACA JUGA: Terbang ke Johor Bahru Mulai Rp 299.000, Tertarik?

Taman rekreasi Legoland Malaysia dibuka pada 15 September 2012. Tempat hiburan ini merupakan yang pertama di Asia atau keenam di dunia. Legoland Malaysia terbagi menjadi tujuh area, dengan 40 wahana, pertunjukan, dan atraksi. Sedikitnya ada 30 juta potongan lego yang menghiasi taman lego.

Sementara itu, taman rekreasi Puteri Harbour menyajikan beragam permainan serta koleksi Hello Kitty dan Sanrio. Disajikan juga permainan berbagai karakter film kartun, seperti Barney and Friends, Help Bob the Builder, dan Thomas.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X