Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru Imlek, Penginapan di Banten Penuh

Kompas.com - 27/01/2017, 16:37 WIB

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Hari libur Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada Sabtu (28/1/2017) membuat okupansi penginapan di tujuan-tujuan wisata di Banten, meningkat. Di sejumlah penginapan, semua kamar bahkan sudah habis dipesan untuk akhir pekan ini.

Menurut Hardomo, General Manager My Pisita Anyer Resort di Serang, Banten, Kamis (26/1/2017), di tempatnya terdapat 60 vila yang dapat menampung sekitar 300 wisatawan.

“Semua vila sudah penuh dipesan untuk akhir pekan ini. Wisatawan datang Sabtu siang dan pulang keesokan harinya,” katanya.

Pada akhir pekan biasa, tingkat hunian di tempat itu sekitar 80 persen. Tarif menginap di My Pisita Anyer Resort tidak dinaikkan untuk akhir pekan ini.

(BACA: Saat Imlek, Mengapa Tak Perlu Makan Sup Sirip Ikan Hiu?)

Tarif itu mulai Rp 900.000 per hari untuk vila dengan satu kamar tidur hingga Rp 3,5 juta per hari untuk vila dengan tiga kamar tidur.

“Vila kosong baru ada Minggu siang nanti. Kalau total dengan jumlah tamu yang singgah tapi tak menginap, My Pisita Anyer Resort bisa menampung sekitar 1.000 orang,” katanya.

Tulus Muliawan Kehidupan bawah laut bisa dilihat jelas dengan mata telanjang di Pantai Legon Pari.
Pemilik homestay Chlara dan Queen, Endan Hudri di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, mengatakan, semua kamar di dua penginapannya sudah habis dipesan untuk akhir pekan ini.

Di Chlara terdapat sembilan kamar dan di Queen terdapat empat kamar.

(BACA: Imlek, Bali Jadi Tujuan Berlibur Turis China)

Pada akhir pekan biasa, tingkat hunian kedua penginapan di desa wisata itu sekitar 75 persen.

Endan mengatakan, tarif menginap di Chlara dan Queen untuk akhir pekan ini tidak berubah. Tarif itu mulai Rp 300.000 per hari untuk kamar berkapasitas dua orang dan dilengkapi kipas angin.

“Semua kamar untuk kedatangan Jumat dan kepergian Minggu nanti sudah dipesan. Setelah kamar kosong tersedia, Minggu siang nanti, okupansi menjadi sekitar 25 persen,” katanya.

General Manager Aston Anyer Beach Hotel Doddy Fathurahman mengatakan, semua kamar di hotelnya sudah dipesan untuk akhir pekan ini. Di hotel itu terdapat 101 kamar.

Dok. Archipelago International Kamar Deluxe hotel Aston Anyer
“Semua kamar untuk check in tanggal 27 Januari dan check out tanggal 29 Januari nanti, sudah penuh,” ucapnya.

Rata-rata, pemesan kamar adalah keluarga. Bahkan, ada tamu yang memesan lima kamar sekaligus.

Doddy mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan makan malam tematik.

“Makan malam itu bertema Imlek dan diramaikan dengan kelompok musisi yang melantunkan lagu-lagu hit Mandarin,” kata Doddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com