Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Besar dan Kisah Penjual Rambutan Aceh

Kompas.com - 28/01/2017, 07:15 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH BESAR, KOMPAS.com – Musim rambutan menjadi rezeki tersendiri bagi petani dan pedagang di Desa Reuleung Karing, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh.

Sepanjang jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh puluhan pedagang rambutan berjejer menunggu pembeli.

Kawasan itu dikenal sebagai sentral rambutan Aceh yang sungguh manis tersebut.

(BACA: Sisa-sisa Tsunami Jadi Obyek Wisata Unggulan di Aceh)

Salah seorang pedagang, Hendri, kepada KompasTravel, Jumat (27/1/2017) menyebutkan di kawasan itu mereka berjualan rambutan dan buah langsat.

“Namun hanya pada saat musim rambutan saja kami berjualan. Jika tidak musim, maka tidak berjualan,” kata Hendri.

KOMPAS.com/MASRIADI SAMBO Pedagang rambutan menunggu pembeli di Desa Reuleung Karing, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh, Jumat (27/1/2017).
Rambutan aceh, sambung Hendri, dipatok dengan harga Rp 10.000 per ikat. Sedangkan langsat dijual Rp 15.000 per kilogram.

“Satu ikat itu isinya puluhan. Lengkap dengan tangkai dan daunnya. Kami tidak pernah mengikat rambutan yang sangat rapi,” katanya.

Selain itu, setiap pembeli juga diberi bonus rambutan yang rontok dari tangkainya. “Kami berikan juga bonus rambutan yang kurang lekang. Itu bonus lah,” ucapnya.

Dalam sehari Hendri bisa menjual puluhan ikat rambutan. “Kami hanya berjualan dari pagi hingga sore. Tidak berjualan malam hari,” ujarnya.

KOMPAS.com/MASRIADI SAMBO Pembeli rambutan di Desa Reuleung Karing, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh, Jumat (27/1/2017).
Pengamatan KompasTravel, masyarakat yang melintas meluangkan waktu untuk merasakan manisnya rambutan Aceh.

Nah, jika pada musim rambutan seperti bulan ini Anda melintas di sana, silakan menikmati manisnya rambutan Aceh di Aceh Besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com