Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Pariwisata, Kota Pontianak Luncurkan "City Branding"

Kompas.com - 07/02/2017, 06:08 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kota Pontianak kini telah memiliki logo city branding hasil dari lomba yang digelar Pontianak Digital Stream (PDS).

Direktur PDS, Hermawan dalam siaran persnya menjelaskan, Pontianak City Branding yang bertuliskan “Pontianak Kota Khatulistiwa” ini bertujuan supaya Kota Pontianak memiliki branding tersendiri dengan ciri khasnya.

"Sebagaimana slogan ‘Pontianak Menyapa Dunia’, Pontianak sudah semestinya memiliki wajah tersendiri dengan mengusung city branding," ujar Hermawan, Senin (6/2/2017).

"Selama ini logo yang dimiliki hanya ada logo Pemerintah Kota Pontianak, tapi logo pariwisata atau branding-nya belum ada, seperti kota-kota lainnya,” ujarnya.

Logo Pontianak City Branding ini merupakan pemenang lomba yang berhasil merebut juara pertama pada sayembara yang digelar pihaknya.

Dari sekitar 50 peserta yang mengikuti sayembara itu, setelah melalui tahapan seleksi dipilihlah tiga pemenang.

Karya dari pemenang pertama, buah karya Fajiyusni (23 tahun) otomatis dipilih menjadi logo city branding Kota Pontianak.

FAJIYUSNI Logo city branding Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Dari kompetisi ini, ide tentang apa yang harus dimunculkan dari Kota Pontianak juga dipikirkan, sehingga munculah tagline Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa atau Equator City dalam bahasa Inggris. "Dari dua bahasa inilah bisa dijadikan tagline," terangnya.

Pontianak City Branding yang sudah digunakan pada bus rapid transit atau bus Trans Pontianak Khatulistiwa bertuliskan ‘Pontianak’ dengan huruf rangkai warna hijau dan tagline di bawahnya bertuliskan Kota Khatulistiwa warna hitam.

Logo atau branding ini bisa diunduh atau di-download di website resmi Pemkot Pontianak,  www.pontianakkota.go.id. Fajiyusni (23), pencipta desain city branding Pontianak, menuturkan, branding ini mengandung karakteristik sejarah, budaya dan kreativitas.

Menurut pria lulusan FKIP Untan ini, desain dibuat dengan memerhatikan kultur dan sejarah Kota Pontianak. “Konsep desain yang luwes memaknai kultur sosial masyarakat Pontianak yang mudah menerima dan beradaptasi dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Huruf P yang didesain dengan Tugu Khatulistiwa menciptakan karakteristik yang khas dan bersejarah di Kota Pontianak.

Humas Pemkot Pontianak/Jemmy Ibrahim Bis Trans Pontianak Khatulistiwa bantuan dari Kementerian Perhubungan yang sedang uji coba beroperasi di Pontianak, Kalimantan Barat (2/2/2017)
Sedangkan pemilihan warna hijau terang dan kuat mengikuti warna dominan yang menjadi ciri khas Kota Pontianak dilihat dari segi pembangunan dan tata kota serta melambangkan hijaunya tumbuhan.

“Perpaduan bentuk dan warna ini menjadikan desain city branding Kota Pontianak terlihat menarik dilihat sehingga diharapkan dapat menjadi brand yang menarik bagi Kota Pontianak,” imbuh Faji sapaan akrabnya.

Logo Pontianak City Branding yang didesainnya sekitar sebulan terdiri dari tiga elemen, yakni tipografi Pontianak, logogram P (Tugu Khatulistiwa), tagline (Kota Khatulistiwa). Namun dalam pengunaan logo, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan.

Pada tulisan logo Pontianak, terdapat safe area, di mana dalam area tulisan Pontianak Kota Khatulistiwa, tidak diperkenankan menambah obyek lain.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN ILUSTRASI - Sejumlah pekerja terlihat menyelesaikan pengerjaan kapal hias yang akan mengikuti pawai air dalam Karnaval Khatulistiwa yang digelar 22 Agustus 2015 di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat.
Selain itu, juga tidak diperkenankan mengubah proporsi logo, misalnya jadi melebar ke kiri kanan atau meninggi atas dan bawah. “Tidak diperkenankan memberikan efek gradasi warna, efek bayangan maupun menambahkan outline,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com