Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakjubkan, Danau Penuh Bunga Teratai di Thailand

Kompas.com - 08/02/2017, 19:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 
UDON THANI, KOMPAS.com - Hamparan bunga teratai di Danau Nong Han, Udon Thani, Thailand, membuat kami sebagai penumpang perahu terperangah. Kami pun berdecak kagum melihat keindahan bunga teratai atau yang memiliki nama latin Nymphaea lotus di Danau Nong Han. Bak permadani warna fuschia yang memanjakan indera penglihatan.
 
Danau Nong Han mulai terkenal sejak tiga tahun lalu di kalangan wisatawan. Fenomena tumbuhnya bunga teratai yang terjadi secara alami kini menjadi magnet wisata baru di Provinsi Udon Thani, Thailand. Meski sebenarnya masyarakat setempat sudah tahu fenomena alam ini sejak 13 tahun lalu.
 
"Musim terbaik untuk menyaksikan bunga teratai ini adalah di Januari sampai Febuari awal. Saya merekomendasikan untuk sampai di tempat sebelum pukul 06.30, karena saat matahari sudah tinggi dan panas, bunga teratai akan menguncup," kata Director Tourism Authority of Thailand Udon Thani, Seksan Sripraiwan, Minggu (5/2/2017). 
 
 
KompasTravel dalam acara AEC Media Fam Trip Thailand Connct, Senin (6/2/2017) akhirnya menyaksikan sendiri keindahan bunga teratai di Danau Nong Han. Bersama dengan grup, kami menumpang perahu motor yang memang disediakan untuk pariwisata pada pukul 07.00 waktu setempat.
 
Tiket wisata dihargai 500 Baht atau setara Rp 200.000 untuk satu perahu dengan maksimal enam orang penumpang. Durasi waktu tur di Danau Nong Han berkisar satu jam. 
 
Pada 15 menit awal, pemandangan Danau Nong Han terlihat biasa saja. Hanya ada sedikit bunga teratai yang tumbuh. Semakin jauh perahu melaju, akhirnya terlihat pemandangan teratai yang menakjubkan.
 
Hamparan bunga teratai tersebut tumbuh subur dan nampak sangat cantik. Diterpa sinar mentari pagi, membuat semua wisatawan sibuk mengabadikan pemandangan tersebut dengan kamera.
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Hamparan bunga teratai di Danau Nong Han, Udon Thani.
 
Tak hanya bunga teratai, Danau Nong Han juga memiliki atraksi lain yakni wihara di tengah danau. Meski masih dalam tahap pembangunan, wihara ini cocok untuk melemaskan otot akibat terlalu lama duduk di perahu. Wisatawan dapat melihat ibadah umat Buddha langsung yang dipimpin oleh biksu di wihara. 
 
Fenomena mekarnya bunga teratai di Danau Nong Han hanya dapat disaksikan pada bulan Oktober sampai awal Februari. Untuk menuju ke Danau Nong Han, Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Udon Thani.
 
KompasTravel menyarankan untuk pergi berkunjung ke Danau Dong Han saat matahari terbit, sekitar pukul 06.00. Lokasinya memang sangat pas untuk melihat pemandangan matahari terbit. Burung-burung juga berterbangan pada waktu tersebut. 
 
 
Kabar baiknya, belum banyak wisatawan mancanegara yang tahu akan keindahan teratai di Danau Nong Han. Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Danau Nong Han adalah wisatawan lokal Thailand. Baik dari harga karcis kereta dan makanan di sekitar Danau Nong Han masih dihargai normal, sama seperti wisatawan lokal. 
 
Untuk berkunjung ke Udon Thani yang berada di daerah timur laut Thailand dapat menumpang pesawat dari Bandara Suvarnabhumi di Bangkok ke Bandara Udon Thani dengan durasi 50 menit, atau naik kereta dari Bangkok ke Udon Thani dengan durasi 10 jam perjalanan. 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com