Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ikut Bersih-Bersih Masjid Istiqlal

Kompas.com - 09/02/2017, 07:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Kelompok Pencinta Alam mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut membersihkan Masjid Istiqlal, Jakarta. Kegiatan "Bersih-Bersih Masjid Istiqlal" itu akan diselenggarakan pada 11-15 Februari 2017 mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

"Saya berharap pencinta alam (bisa ikut) karena tidak punya pretensi politik tertentu. Kemudian kami buka untuk semua kalangan, suku, agama untuk partisipasi. Tidak ada persoalan (dari kalangan apapun)," kata perwakilan penyelenggara Bersih-Bersih Masjid Istiqlal, Setyo Ramadi kepada KompasTravel saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Ia mengatakan kalangan pencinta alam bisa membersihkan menara masjid setinggi sekitar 90 meter dan kisi-kisi di Plaza Masjid Istiqlal. Sementara itu, kalangan masyarakat umum bisa berkontribusi sebagai tim support.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Warga turut membersihkan Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (18/2/2017). Seluruh elemen masyarakat bisa turut membantu membersihkan Masjid Istiqlal untuk menyambut Milad ke-39 Masjid Istiqlal pada 22 Februari 2017 mendatang.
"Pada dasarnya, pekerjaan bersih-bersih menara itu membutuhkan keterampilan. Terutama yang sangat terampil itu (membersihkan) menara. Itu harus tersertifikasi. Kalau yang kisi-kisi, cukup punya kemampuan mengamankan diri sendiri," jelasnya.

Adapun bagian Masjid Istiqlal yang dibersihkan di menara adalah bagian luar menara, antena, dinding, atap, lubang angin, dan bagian dalam menara berupa dinding, tangga, dan lantai. Sementara untuk bagian kisi-kisi adalah bagian stainless steel.

"Untuk non-pencinta alam, pada bagian kisi-kisi, kami arahkan sedikit lalu kami ajarkan pengamanannya. Mungkin saja, mereka terlibat bersihkan kisi-kisi selama terjamin safety procedure-nya," tambah laki-laki yang juga anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) itu.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Warga turut membersihkan Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (18/2/2017). Seluruh elemen masyarakat bisa turut membantu membersihkan Masjid Istiqlal untuk menyambut Milad ke-39 Masjid Istiqlal pada 22 Februari 2017 mendatang.
Ia melanjutkan, masyarakat juga bisa berkontribusi dengan membagikan makanan dan minuman.  Untuk kegiatan tim support, Setyo menambahkan peserta bisa membantu mobilisasi pergerakan logistik makanan atau membersihkan kain yang digunakan untuk membersihkan menara.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam acara Bersih-Bersih Masjid Istiqlal bisa menghubungi nomor telepon 087820591414 dan 081221727280. Masyarakat bisa menghubungi panitia dan mengutarakan jenis partisipasi yang akan diberikan.

"Nanti kami menyediakan tempat pendaftaran di lokasi. Kalau ada wisatawan asing dan lokal, mau daftar dan nanti kami kasih peralatannya dan silakan bergembira. Syukur bisa saling mengenal satu sama lain," tambahnya.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah masyarakat membersihkan Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (18/2/2017). Seluruh elemen masyarakat bisa turut membantu membersihkan Masjid Istiqlal untuk menyambut Milad ke-39 Masjid Istiqlal pada 22 Februari 2017 mendatang.
Keinginan Gabungan Pencinta Alam membersihkan Masjid Istiqlal dilatarbelakangi atas memanasnya situasi politik. Ia mengatakan kondisi itu memicu pencinta alam melakukan kontribusi positif untuk keadaan tersebut.

"Lalu ingat, pencinta alam itu organisasi yang tak berpolitik. Jadi ingin berbuat sesuatu, lihat-lihat tanggal dan ada ulang tahun Istiqlal kemudian mau bersih-bersih. Sesederhana itu saja," ungkapnya.

Adapun yang sudah mendaftar untuk bergabung dalam acara ini adalah SMP Labschool, Unit Konservasi Fauna Institut Pertanian Bogor, Mapala UI, Wanadri, dan berbagai elemen pencinta alam. Pihak penyelenggara menargetkan peserta hingga 200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com