Jalan-jalan Seharian di Cirebon, Contek "Itinerary" Berikut - Kompas.com

Jalan-jalan Seharian di Cirebon, Contek "Itinerary" Berikut

Kontributor Travel, Fira Abdurachman
Kompas.com - 09/02/2017, 19:07 WIB
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI Pengunjung berfoto di gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon di Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/7/2016). Saat akhir pekan atau liburan, keraton peninggalan salah satu Wali Sanga, yakni Sunan Gunung Jati, tersebut ramai dikunjungi wisatawan Nusantara.

KOMPAS.com — Bisakah menikmati Cirebon dalam satu hari? Ternyata, jawabannya "bisa", walaupun satu hari tidak akan cukup untuk menikmati semua yang ada di Kota Udang ini. Setidaknya, Cirebon, Jawa Barat, bisa dijadikan pilihan destinasi wisata untuk one day trip atau liburan akhir pekan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Biayanya juga tak terlalu mahal. Perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon bisa dilakukan menggunakan kereta api dengan jadwal pemberangkatan pukul 07.00 pagi. Bisa juga gunakan kendaraan pribadi. Kita bisa sampai di Kota Cirebon kira-kira pukul 10.00 pagi.

Pagi

Lapar pun melanda. Pilihan tepat adalah Nasi Jamblang atau Nasi Lengko. Nasi Jamblang Bu Nur dan Mang Dul adalah terfavorit. Untuk Nasi Lengko, yang terkenal adalah sajian dari Haji Barno.

Setelah mengisi perut, lanjutkan perjalanan ke beberapa pilihan obyek wisata. Bisa ke Keraton Kasepuhan, Gua Sunyaragi, dan Masjid Abang. Ketiganya adalah peninggalan sejarah Kerajaan Kasepuhan di Cirebon.

Siang

Untuk makan siang, yang paling difavoritkan tentu Empal Gentong. Tak ketinggalan, Sate Kambing Muda. Selain Mang Dharma, Empal Gentong Haji Apud juga tak kalah enaknya.

Setelah makan siang, saatnya belanja. Jangan lupa mampir ke Kampung Batik Trusmi. Beragam batik khas Cirebon ataupun luar Cirebon ada tempat ini. Umumnya, wisatawan suka membeli batik dengan motif Mega Mendung.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Warga menikmati menu di warung makan Nasi Jamblang Mas Toto di Jalan Gunung Sari, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (5/7/2011). Makanan khas Cirebon ini berupa nasi yang disajikan menggunakan alas daun jati dan dimakan dengan pilihan aneka lauk.
Kalau mau yang berkelas, bisa mampir ke rumah batik Ninik Ichsan. Suasana butik batik ini juga nyaman, seperti memilih batik di rumah sendiri.

Setelah itu, perjalanan bisa berlanjut ke toko oleh-oleh Pangestu. Jangan khawatir, aneka oleh-oleh di sini bisa langsung dibungkus di dus, jadi mudah untuk ditenteng.

Malam

Kalau mau sampai malam, jangan lewatkan nongkrong sambil makan Sop Bubur Cirebon. Yang paling ramai adalah Sop Bubur Ayam Mang Kapi. Makanan ini lebih dikenal sebagai bubur Cirebon dengan kuah opor campur kerupuk.

Jangan keasyikan, Anda harus kembali ke Jakarta. Perjalanan sehari ini cukup menghibur hati dari jenuh akan ingar bingar Jakarta dan penatnya bekerja.

PenulisKontributor Travel, Fira Abdurachman
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM