Saat Pesan Kamar Hotel, Apa Bedanya "Suite" dan "Standard? - Kompas.com

Saat Pesan Kamar Hotel, Apa Bedanya "Suite" dan "Standard?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 11/02/2017, 21:06 WIB
Thinkstock Kamar hotel tipe suite

JAKARTA, KOMPAS.com - Tipe kamar suite pada umumnya adalah tingkatan tertinggi dari semua kamar di hotel berbintang. Perbedaan harga yang cukup jauh, tentunya membuat kamar suite berbeda dengan kamar biasa (standard). Lantas apa perbedaan kamar suite dengan kamar hotel yang lain?

"Secara umum yang membedakan kamar suite adalah luas kamar, fasilitas, dan benefit," kata Director of Communications Hotel Mulia Senayan Jakarta, Romy Herlambang saat dihubungi oleh KompasTravel, Jumat (10/2/2017).

Umumnya kamar suite memiliki ukuran kamar tidur dan kamar mandi yang lebih luas, bathroom amenities yang lebih lengkap, mesin kopi sendiri, hingga fasilitas seperti ruang tunggu (living room). Hal itu disampaikan oleh Asst. Director of Marketing & Communications Hotel Gran Melia Jakarta, Wike Trisnandhini saat dihubungi KompasTravel. Bathroom amenities atau fasilitas di kamar mandi seperti sabun, sampo, dan lainnya. 

"Untuk level tertentu ini mereka punya executive lounge, tempat check-in dan check-out yang lebih personal. Mereka tak check-in bersama tamu yang lain, mereka duduk kemudian diberi pelayanan senyaman mungkin setelah perjalanan jauh dan melelahkan," kata Wike.

Setelah check-in, tamu kamar suite akan mendapati ukuran kamar yang lebih luas. Kelas suite di atas junior suite bahkan memiliki ruang tamu yang berbeda dengan ruang kamar.

"Di suite juga amenities menggunakan merek-merek luxurious (mewah). Bathub-nya terpisah dengan shower, dan bentuknya juga berbeda. Ada yang lingkaran, ada yang semi jacuzzi. Ada juga alat pembuat kopi, mesin kopi berkualitas baik, bukan teko pemanas air seperti kamar biasa," kata Wike.

Sedangkan Romy mengatakan tamu kamar suite juga memiliki kesempatan untuk makan pagi di temat yang berbeda dengan tamu lain. "Kalau mau makan di kafe, mereka punya express line. Mereka diprioritaskan," kata Romy.

Faslitas lain seperti antar jemput bandara, fasilitas ruang rapat, sampai jasa butler atau semacam asisten pribadi semua bisa didapat para tamu kamar suite. Tentunya dengan fasilitas tersebut ada harga lebih yang harus dibayar oleh tamu kamar suite.

"Beda harganya bisa 50 sampai 100 persen bahkan lebih. Sebagai contoh di Gran Melia Jakarta, kamar Deluxe dihargai 170 dollar AS ++, kamar Presidential Suite dihargai 2.000 dollar ++," kata Wike.

PenulisSilvita Agmasari
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM