Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Tertinggal di Kamar Hotel, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 12/02/2017, 21:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah check out dari hotel kemudian baru ingat jika ada barang yang tertinggal. Alangkah mudah jika lokasi masih belum begitu jauh dari hotel, tetapi akan menjadi repot jika hotel tersebut berada di luar kota atau luar negeri.

Apabila ketinggalan barang setelah check out dari hotel, jangan panik. Ada prosedur yang diberlakukan oleh pihak hotel untuk menangani barang tertinggal.  

"Jangankan barang di kamar hotel, apa pun barang yang tertinggal di hotel, staf hotel akan berkoordinasi dengan petugas house keeping dan security. Barang tersebut pasti akan disimpan, yang sulit kalau ditemukan oleh orang lain (selain petugas hotel)," kata Director of Communications Hotel Mulia Senayan Jakarta, Romy Herlambang saat dihubungi KompasTravel, Jumat (10/2/2017).  

Ketika menemukan barang tamu yang tertinggal khususnya di kamar, pihak hotel biasanya akan memberi tahu tamu tersebut melalui telepon atau email.

Assistant Director of Marketing & Communications Hotel Gran Melia Jakarta, Wike Trisnandhini mengatakan kebanyakan hotel international chain biasanya memiliki aturan menyimpan barang tamu yang tertinggal selama tiga bulan. 

"Jika tamu sudah dihubungi dan barang tidak diklaim maka setelah tiga bulan barang tersebut diberikan kepada orang yang menemukannya," kata Wike.

Barang tertinggal dapat disimpan lebih dari tiga bulan, apabila tamu mengklaim barang tertinggal, dan meminta untuk disimpan dalam waktu lebih lama.

"Karena ada tamu yang misalnya menginap di Hotel Mulia Jakarta, tinggalnya di Amerika dan baru ke Jakarta dalam waktu lama, seperti enam bulan, itu tak apa-apa," kata Romy.

Jika masih dalam wilayah Indonesia, pihak hotel biasanya juga bersedia mengirimkan barang tersebut secara cuma-cuma. "Kecuali di luar negeri atau emas, karena itu harus pakai asuransi dan harga kirimnya mahal jadi dikenakan biaya," kata Wike. 

Barang-barang yang tertinggal di kamar hotel juga beragam, mulai dari pakaian, uang, perhiasan, paspor, sampai cincin pernikahan.

"Paling sering itu uang dan perhiasan yang ditaruh di deposit box. Mungkin karena tak terlihat dan lupa mengambil saat check out," kata Romy.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com