Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata Serba Mawar untuk Valentine

Kompas.com - 14/02/2017, 18:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Mawar identik dengan perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine. Di Indonesia, ada tempat-tempat yang menjadi “rumah” bagi mawar. Tak hanya sekadar obyek wisata tetapi juga kedai yang mengolah mawar sebagai hidangan. Berikut di antaranya.

Taman Bunga Nusantara

Di Taman Bunga Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Cianjur ada taman khusus bunga mawar. Secara keseluruhan Taman Bunga Nusantara memberi nuansa sejuk taman yang penuh dengan bunga, air mancur, hingga pepohonan. Taman Mawar dipenuhi si bunga berduri, tetapi harum semerbak.

Selain Taman Mawar, ada beberapa taman lainnya seperti Taman Mediterania dengan tanah berpasir, palem, kaktus, dan bebatuan. Taman Perancis dengan air mancur, tumbuhan berpola, dan bangku eksotik. Ada juga Taman Rahasia. Ikuti alur jalan yang dibuat menyulitkan seseorang untuk keluar.

Masih ada Taman Bali dengan gapura, pancuran, patung, rerimbunan pohon kamboja, dan pohon khas ”Pulau Dewata”. Ada Danau Angsa dengan si angsa yang putih dan hitam dari Eropa. Ada Ada juga kawasan bambu, air mancur musikal, lapangan piknik, dan menara pandang.

Selengkapnya mengenai Taman Bunga Nusantara: "Bersemi di Taman Bunga".

Pasar Rawa Belong

Anda membutuhkan bunga segar? Ternyata di hutan beton seperti Jakarta sekalipun, Anda bisa menemukan bunga-bunga segar. Walaupun bukan berupa taman penuh bunga warna-warni.

Di Jakarta bagian barat, Anda bisa menemukan tempat yang menawarkan beragam jenis bunga dalam kondisi segar. Tempat ini dikenal dengan Pasar Bunga Rawa Belong. Ketika Anda menjejakkan kaki di tampat ini, mata Anda akan dimanjakan dengan warna-warni bunga segar dan semerbak harum wangi bunga.

Terletak di Jalan Sulaiman, pasar ini terbagi menjadi dua bangunan yang saling berseberangan. Masing-masing bangunan memiliki dua lantai. Bangunan pertama menjual beragam jenis bunga segar, sedangkan bangunan kedua lebih fokus pada aksesori untuk bunga, seperti pot, keranjang, dan besi untuk pot gantung atau berdiri.

Bunga yang dijual juga tergolong lengkap. Ada beragam jenis mawar, yaitu mawar merah, putih, merah muda, jingga, krem, hingga ungu. Selain itu ada juga bunga krisan, aster, sedap malam, pikok, beragam jenis anggrek, teratai, garbera, gladiol, lili, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya mengenai Pasar Rawa Belong: “Oase Bunga Segar di Tengah Jakarta”.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Dawet Mawar Banyuwangi.
Dawet Bunga Mawar

Menikmati hidangan yang terbuat dari bunga mawat terdengar tak biasa. Namun, di Banyuwangi, Anda bisa menikmati es dawet bunga mawar.

Seperti namanya, dawet yang berwarna merah muda tersebut terbuat dari campuran sari bunga mawar segar yang diolah oleh Tri Krisbiantara, warga Jalan Letkol Istoqlah no 80 Singonegaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com