Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berfoto di Tengah Parade Tatung, Berani Coba?

Kompas.com - 14/02/2017, 22:56 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Perayaan Cap Go Meh Singkawang di Kalimantan Barat yang merupakan salah satu acara kebudayaan terbesar Inonesia.

Bahkan masuk dalam Wonderful of The World, karena selain jumlah tatung, peserta yang banyak, juga kebudayaannya dianggap unik.

Puluhan genderang ditabuh sekencang-kencangnya sambil melewati panggung kehormatan sampai jalan-jalan kota sepanjang lebih dari tiga kilometer.

Terlihat orang-orang lengkap dengan atribut suku dayak, dan tionghoa unjuk kesaktiannya.

Mereka yang unjuk kesaktiannya itulah yang disebut tatung. Tatung tersebut menggesek-gesekan benda tajam di seluruh badannya.

Ada lagi yang menusukkan besi panjang di antara mulutnya, meduduki dan menginjak pedang, memakan ayam hidup-hidup yang atraksi ekstrem lainnya.

(BACA: Ngerinya Prosesi Tatung di Singkawang)

Semua kesaktian tatung itu dipercaya karena dirasuki dewa mereka masing-masing. Pemandangan ini tentunya sangat unik, dan cukup membuat wisatawan “ngilu”.

Namun, di balik pemandangan itu, banyak mencoba mengabadikan momen-momen langka tersebut. Salah satunya dengan berswafoto atau selfie. Bagaimanakah sensasi berswafoto di tengah tatung yang dipercaya sedang dirasuki roh dewa-dewanya?

KompasTravel berkesempatan berkunjung menanyakan kepada beberapa pelaku selfie di tengah parade tataung.

(BACA: Wah, 565 Tatung Kebal Benda Tajam Meriahkan Cap Go Meh Singkawang)

Bahkan KompasTravel berkesempatan mencobanya di Cap Go Meh Singkawang, yang bertepatan dengan acara Oppo Selfie Tour 2017, Sabtu (11/2/2017).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia KompasTrevel mencoba selfie bersama tatung dalam parade tatung di Cap Go Meh 2017, saat beratraksi di panggung kehormatan, Sabtu (11/2/2017).
Salah satu wisatawan asal Pontianak, Dewa, mengaku sangat ingin berfoto dengan tatung terutama selfie, karena momen tersebut berharga baginya.

“Ya, sayang aja momen langka. Walaupun sudah pernah liat, tapi tetep pengen lagi foto sama tatung,” ujar Dewa kepada KompasTravel sambil memamerkan hasil fotonya.

Berbeda dengan Dewa, Leony wisatawan asal Palembang yang baru pertama kali melihat tatung mengaku tidak berani karena melihat atraksi ekstrem tatung.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com