Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia, Negara Penyumbang Wisman Terbanyak Ke-9 di Korsel

Kompas.com - 16/02/2017, 10:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) menjadi salah satu destinasi favorit turis Indonesia. Buktinya, Indonesia menempati peringkat ke-9 negara penyumbang turis mancanegara terbanyak di negeri ginseng tersebut.

Data tersebut dirilis oleh Korea Tourism Organization (KTO) tahun 2016. Menurut data statistik tersebut, pada 2016 terdapat 17.241.823 wisatawan asing yang berkunjung ke Korsel. Angka tersebut naik 30,3 persen dibanding tahun sebelumnya dengan jumlah 13.231.651 wisatawan.

Kunjungan wisatawan asal Tiongkok meningkat 34 persen dibanding tahun 2015. Sementara itu, kunjungan wisatawan asal Asia Tenggara (6 negara, termasuk Indonesia) meningkat sekitar 39 persen dibanding tahun 2015. Salah satunya adalah karena digalakkannya promosi paket wisata musim dingin, serta dibukanya rute baru ke Korsel (Delhi-Incheon oleh Korean Air, Incheon-Hanoi/Busan-Hanoi oleh Vietjet).

BACA: Busan, Destinasi di Korsel yang Bakal Hit Tahun 2017

Peningkatan jumlah wisatawan dari Indonesia mencatat angka tertinggi di wilayah Asia Tenggara, yakni 52 persen. Tahun 2016, sebanyak 295.000 wisatawan asal Indonesia mengunjungi Korea Selatan.

Dari daftar wisatawan semua negara yang berkunjung ke Korea Selatan, Indonesia menduduki peringkat ke-9.

"Indonesia, yang memiliki penduduk sekitar 250 juta dan merupakan negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, serta negara dengan mayoritas Muslim terbanyak di dunia, tingkat pertumbuhan wisatawan ke Korea-nya sangat tinggi. Dalam 10 tahun ke depan, diperkirakan Indonesia akan menjadi pasar yang besar bagi pariwisata Korea dan akan masuk ke posisi 3-4 bersama dengan Tiongkok, Jepang, dan lainnya," tutur Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae, dalam rilis yang diterima KompasTravel, Rabu (15/2/2017).

BACA: 5 Rekomendasi Restoran Ramah Muslim di Seoul Korsel

Berikut 10 negara penyumbang wisman terbanyak ke Korea Selatan berdasarkan data dari KTO:

1. Tiongkok

2. Jepang

3. Amerika

4. Taiwan

5. Hongkong

6. Filipina

7. Thailand

8. Malaysia

9. Indonesia

10. Vietnam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com