Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Akan Terbang ke Rusia pada Agustus 2017

Kompas.com - 16/02/2017, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia merencanakan penerbangan langsung Jakarta-Moskwa pada Agustus 2017 dengan frekuensi penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Rencana tersebut disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo di Jakarta, Selasa (14/2/2017), dalam pertemuan dengan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzyn dan didampingi Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi.

Pertemuan yang berlangsung di kantor Garuda Indonesia di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, secara khusus membahas rencana pembukaan penerbangan langsung rute Jakarta – Moskwa yang tertuang dalam nota kesepahaman bersama atau MoU.

(BACA: Rusia Penting bagi Pariwisata Indonesia)

MoU tersebut ditandatangani oleh Mikhail Kuritsyn dari perwakilan Dewan Bisnis Indonesia Rusia dan Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo disaksikan Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzyn dan Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi di kantor Garuda Indonesia Jakarta.

“Kita berupaya untuk mempercepat rencana penerbangan perdana ini pada Agustus dan direncanakan terbang tiga kali seminggu dengan menggunakan pesawat wide body tipe A330-200,” kata Arif Wibowo.

(BACA: Rusia Sasar Wisatawan Indonesia)

Sejalan dengan potensi kunjungan wisata antar kedua negara yang terus meningkat, diharapkan pembukaan rute penerbangan langsung Jakarta-Moskwa tersebut dapat mendukung upaya peningkatan kunjungan wisatawan Rusia hingga lebih dari 100.000 wisatawan pada tahun 2017.

Andri Donnal Putera Tampak pesawat terbaru Garuda Indonesia, Airbus A330-300 dan Boeing 777-300ER yang diresmikan di Hangar 4 GMF-Aeroasia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (1/2/2016).
Angka kunjungan turis Rusia ke Indonesia pada semester pertama tahun 2016 meningkat sebesar 14 persen. Sebaliknya, jumlah kunjungan warga Indonesia ke Rusia juga cukup besar, tahun 2015 ada sekitar 14.000 orang.

Arif menambahkan, rencana pembukaan rute Jakarta-Moskwa pada pertengahan tahun 2017 ini menandai rangkaian program ekspansi jaringan penerbangan internasional Garuda Indonesia di tahun 2017.

Selain Moskwa, pada pertengahan tahun ini Garuda Indonesia juga akan meluncurkan rute penerbangan Jakarta-Los Angeles via Tokyo.

Sementara itu, Dubes Rusia Mikhail Yurievich Galuzyn mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan ada penerbangan langsung agar hubungan kedua negara semakin terjalin dengan erat dan bisa lebih meningkat lagi, terutama dalam bidang ekonomi dan pariwisata.

“Realisasi rencana penerbangan langsung Rusia-Indonesia saat ini menjadi salah satu prioritas utama kami dalam upaya peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Rusia,” papar Galuzyn.

Dia berharap potensi kunjungan wisatawan Asia dapat meningkat setiap tahunnya dan optimis rencana penerbangan tersebut akan membuka akses konektivitas langsung Jakarta-Moskwa sehingga memberikan peluang positif tidak hanya bagi sektor pariwisata, akan tetapi sektor ekonomi, sosial, budaya.

Sejalan dengan program pengembangan jaringan penerbangan internasionalnya, Garuda Indonesia pada tahun 2014 resmi bergabung dengan aliansi penerbangan global SkyTeam, di mana salah satu maskapai penerbangan Rusia, Aeroflot, turut menjadi anggota aliansi.

TASS/Barcroft Media Terowongan cahaya di Moskwa, Rusia.
Melalu sinergi aliansi jaringan penerbangan SkyTeam tersebut, saat ini seluruh penumpang Garuda Indonesia dapat menikmati layanan jaringan penerbangan ke lebih dari 1062 destinasi di seluruh dunia, yang berada di 177 negara melalui 17.343 penerbangan yang dilayani penerbangan SkyTeam setiap harinya.

Sinergi layanan jaringan penerbangan SkyTeam saat ini melayani lebih dari 655 juta penumpang setiap tahunnya. (Angkasa/gara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com