Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirup Kawista sampai "Yopia", Aneka Oleh-oleh Wajib dari Lasem

Kompas.com - 22/02/2017, 08:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LASEM, KOMPAS.com — Jalan-jalan ke satu tempat rasanya tak lengkap tanpa membawa buah tangan. Makanan atau minuman ringan dari tempat wisata yang dikunjungi bisa jadi pilihan untuk dibawa.

Dari pesisir utara Jawa, tepatnya di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ada beberapa oleh-oleh yang wajib dibeli. Dari kacang hingga minuman buah kawista, semua bisa Anda bungkus untuk dibawa pulang.

Salah satu gerai yang menjual oleh-oleh khas Lasem adalah Toko Purnama. Pemilik Toko Purnama, Yucca, mengatakan bahwa makanan ringan yang bisa dibeli di Lasem adalah kacang atom, kacang entis, emping jagung, dan yopia.

BACA: Yuk, Berburu Foto "Instagramable" di Lasem

Kacang entis terbuat dari kacang tolo yang bercita rasa asin. Kacang entis diolah bersama garam, bawang putih, dan bumbu penyedap.

"Memang yang khas kacang atom, kacang entis, emping jagung, dan yopia," kata Yucca kepada KompasTravel di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Makanan ringan lain yang bisa dinikmati adalah yopia. Kue kering itu berkulit tipis, di dalamnya terdapat lapisan gula merah.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Minuman bersoda dari buah kawista yang juga merupakan minuman khas Lasem.
Untuk minuman, ada yang tak boleh terlupakan dari Lasem, yakni sirup olahan buah kawista. Umumnya minuman dari bahan buah kawista itu bermerek Sirup Kawista Cap Dewa Burung. Kemasan minuman kawista adalah botol plastik.

Kacang atom dengan kemasan 250 gram dijual dengan harga Rp 15.500, sedangkan kacang entis kemasan 500 gram dijual Rp 25.500. Adapun kue kering yopia dijual seharga Rp 18.500.

BACA: Durian Asli Lasem dengan Rasa Pahit-Manis...

Minuman kawista limun dijual Rp 6.500 per botol, dan sirup kawista Rp 54.000 isi dua botol.

Yucca mengatakan, oleh-oleh khas Lasem bisa ditemukan di sekitar Alun-Alun Lasem. Selain itu, oleh-oleh juga bisa ditemukan di Jalan Jatirogo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com