Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwakilan Rombongan Raja Salman Akan Kunjungi Mandalika di NTB

Kompas.com - 25/02/2017, 14:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi rombongan Raja Arab Saudi disebut akan mengunjungi Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela lawatan Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz ke Indonesia awal Maret 2017.

"Kabar dari Kementerian Luar Negeri, permintaan ada penjadwalan untuk meninjau Lombok sebagai wisata halal telah disetujui pihak kerajaan Arab Saudi," ungkap Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas, Hiramsyah S Thaib, yang didampingi PIC Mandalika, T Rahmadi, Jumat (24/2/2017) seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel.

(Baca: Sambut Raja Salman, Bandara Ngurah Rai Akan Ditutup 45 Menit)

Hiramsyah mengatakan bahwa beberapa perwakilan dari rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan menyambangi Lombok dengan agenda meninjau kawasan wisata Mandalika dan peluang-peluang investasi pariwisata.

Menurutnya, kedatangan Raja Salman ke Bali ini harus jadi pendorong bagi Lombok supaya jadi destinasi yang sama dengan Bali, baik dari sisi infrastruktur maupun keamanan.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Muhammad Faozal menjelaskan bahwa pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Lombok Tengah, NTB tengah dikebut.

Pemerintah telah memberikan kepastian sekaligus memberikan daya tarik bagi penanam modal melalui penetapan PP Nomor 96 Tahun 2015 tentang Fasilitas dan Kemudahan di KEK dan Perpres Nomor 3 Tahun 2015 tentang Proyek Strategis Nasional.

(Baca: Wapres Berharap Kunjungan Raja Salman Tingkatkan Kerja Sama Sektor Nonmigas)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud membawa rombongan besar saat berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 mendatang. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan, rombongannya yang ikut serta mencapai 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.

Kedatangan Raja Salman ke Indonesia terkait pertemuan kedua negara untuk membahas sejumlah topik. Raja Salman dan rombongan dikabarkan akan berlibur ke Bali dari 4 hingga 9 Maret 2017. Namun, status rombongan di Bali bukan lagi tamu negara, melainkan wisatawan biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com