Liburan ke Bali, Turis Saudi Gemar Berwisata Pantai - Kompas.com

Liburan ke Bali, Turis Saudi Gemar Berwisata Pantai

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 25/02/2017, 21:03 WIB
KOMPAS.COM/SRI LESTARI Pantai Kuta di Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Turis Arab Saudi cenderung gemar berwisata di area pantai saat berlibur di Bali. Hal itu diakui oleh pelaku industri di Bali yakni Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali.

"Pantai itu mereka (turis Arab Saudi) suka. Mereka suka yang high class seperti hotel bintang lima," jelas Ketua Asita Bali I Ketut Ardana saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (25/2/2017).

Ia menuturkan turis Arab Saudi biasanya menikmati obyek wisata di Nusa Dua, Kabupaten Badung. Ketut Ardanajuga menyebutkan bahwa turis Arab Saudi sangat selektif dalam memilih obyek wisata seperti pantai.

Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace juga mengakui jika turis Arab Saudi senang berwisata di area pantai ketika liburan di Bali. Menurutnya, Pantai Tanah Lot menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi mereka.

"Lebih senang di pantai, karena di sana ( Arab Saudi) turis Arab Saudi jarang melihat pantai," tambah Cok Ace saat dihubungi KompasTravel.

BACA: Arab Saudi Lirik Investasi Pariwisata di Mandalika, Lombok

Data dari Kementerian Pariwisata yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut sebanyak 6.997 turis Arab Saudi masuk ke Indonesia via Bali. Jumlah tersebut adalah data kunjungan turis Arab Saudi pada tahun 2015.

Sementara itu, untuk kunjungan turis Arab Saudi lainnya masuk melalui Bandara Soekarno Hatta dengan tujuan Jakarta, Bandung, dan Puncak, Bogor.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X