Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Murah Akhir Pekan, Ke Puncak Bogor Saja!

Kompas.com - 28/02/2017, 05:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak yang terletak di Bogor, Jawa Barat, adalah salah satu destinasi murah yang bisa dikunjungi pada akhir pekan. Wisata ke kebun teh serta mencoba aneka kuliner setempat bisa jadi kegiatan yang patut dicoba.

Berikut KompasTravel himpun lima obyek wisata murah untuk wisata akhir pekan di Bogor.

1. Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas

Agrowisata Kebun teh Gunung Mas berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kebun teh Gunung Mas terletak pada daerah sejuk dengan ketinggian 800 - 1.200 meter di atas permukaan laut.

Di sana, Anda melakukan tea walk atau trekking keliling kebun teh Gunung Mas dengan suhu sekitar 12-22 derajat celcius. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana seperti berfoto, menyeruput teh hasil kebun teh Gunung Mas, juga naik kuda keliling kebun teh.

Tiket masuk ke kawasan Gunung Mas sekitar Rp 10.000. Untuk fasilitas pemandu akan dikenakan biaya tambahan.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Sate Maranggi
2. Wisata kuliner

Di pinggir Jalan Raya Puncak, Anda bisa mampir ke beberapa gerai yang menjual aneka camilan khas. Pilihan camilan antara lain keripik tempe, keripik bayam, sale pisang, kerupuk anggur, dan dodol.

Ubi Cilembu pun bisa dibakar di tempat atau dibawa pulang. Kuliner lain yang patut dicoba yaitu bubur Cianjur atau sate maranggi di perbatasan Kabupaten Cianjur dan Puncak Bogor, tepatnya di Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur.

3. Paralayang

Dekat dengan Gunung Mas, Anda bisa mencoba paralayang. Anda harus mendaftar terlebih dahulu begitu datang, mengisi formulir pendaftaran, dan membayar Rp 350.000.

Ketika terbang, Anda bisa melihat lanskap perkebunan teh. Angin semilir dingin akan menemani penerbangan Anda.

KOMPAS/RAKARYAN SUKARJAPUTRA Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang 2015 di Puncak, Bogor, menjadi kejuaraan yang sangat menantang bagi para penerbang paralayang. Kondisi cuaca yang sering berubah, membuat para penerbang harus bisa menjawab tantangan kondisi angin itu. Hingga kamis (14/8/2015), para atlet Indonesia masih berpeluang untuk menjadi yang terbaik di kejuaraan dunia ini.
4. Telaga Warna

Obyek wisata Telaga Warna terletak agak tersembunyi di balik perkebunan teh. Di Telaga Warna Anda bisa mencoba atraksi flying fox dan naik rakit keliling Telaga Warna.

Untuk masuk ke Telaga Warna, Anda wajib membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp 5.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com