Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriah, Penampilan Budaya Betawi di Cap Go Meh Waduk Pluit

Kompas.com - 28/02/2017, 10:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Seni Budaya Indonesia Kreatif bersinergi dengan Kementerian Pariwisata RI menggelar Festival Seni Budaya Nusantara 2017, dengan tema Indonesia Bersatu dalam Cita dan Rasa.

Acara pentas budaya di Taman Wisata Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/2/2017), berlangsung meriah dan heboh. Ini adalah bagian dari kegiatan wisata religi dalam rangkaian Cap Go Meh 2017.

"Acara dimulai pukul 05.30-22.00 ini diawali dengan persembahyangan dan doa untuk perdamaian dan kesatuan bangsa. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan pelepasan hewan di antaranya 2.000 burung, 90 kilogram belut, 50 kilogram ikan lele dan kura-kura," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti dalam siaran persnya, Senin (27/2/2017).

(BACA: Lontong Cap Go Meh di Bogor Ini Digemari Lintas Generasi)

Tak lama berselang dilanjutkan dengan senam massal yang diikuti 600 peserta, pertunjukan barongsai, liong, tarian nusantara, keroncong tugu, gambang kromong, topeng betawi, dan lenong betawi.

"Setelah berbagai pertunjukan, kemudian dilanjutkan dengan wisata kuliner makanan khas Lontong Cap Go Meh bersama," kata Esthy.

Ketua Pelaksana Cap Go Meh, Widjanarko menambahkan, ada yang berbeda dengan perayaan kali ini. Selain menyajikan kebudayaan Tionghoa, juga menonjolkan kebudayaan Betawi.

ARSIP KEMENPAR Festival Seni Budaya Nusantara 2017 bertema Indonesia Bersatu dalam Cita dan Rasa di Taman Wisata Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/2/2017).
"Perayaan Cap Go Meh hari ini kita sengaja menonjolkan kebudayaan nusantara, khususnya Betawi. Karena memang ada perpaduan antara budaya Betawi dengan budaya Tionghoa," kata Widjanarko.

Widjanarko menambahkan, ini merupakan acara yang digelar untuk kedua kali ini. Yang pertama digelar di kawasan Glodok, Jakarta Barat juga berlangsung meriah.

"Tahun lalu kita banyak dibantu pengusaha-pengusaha. Tahun ini kita dibantu Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari segi materi acara," kata Widjanarko. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com