Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Koki Aerofood ACS Siapkan Makanan untuk Rombongan Raja Salman

Kompas.com - 28/02/2017, 21:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Anak perusahaan PT Garuda Indonesia, Aerofood ACS ditunjuk oleh pihak Kerajaan Arab Saudi untuk menyiapkan menu makanan kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan rombongan yang akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 mendatang. Makanan dari PT Aerofood Indonesia akan disajikan selama rombongan Kerajaan Arab Saudi dalam penerbangan Very Very Important Person (VVIP) di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny Siga Butarbutar saat ditemui seusai jumpa pers Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 di Jakarta, Rabu (28/2/2017).

"Kami menyiapkan 150 juru masak yang dibagi ke dalam tiga shift untuk melayani Raja Salman dengan 1.500 rombongan. Nanti akan terus-menerus 24 jam untuk menyiapkan makanan," kata Benny.

BACA: Liburan Raja Arab Saudi ke Bali Bakal Berimbas untuk Pariwisata

Ia mengatakan koki-koki Aerofood ACS akan membantu koki-koki Kerajaan Arab Saudi. Koki-koki Aerofood ACS bersama koki kerajaan akan meramu, meracik, dan menyiapkan makanan khas Timur Tengah untuk Raja Salman dan rombongan.

"Menu itu berdasarkan permintaan juru masak kerajaan. Penyediaan, pengolahan, dan penyajiannya dari ACS (Aerofood). Kami punya koki dengan kemampuan memasak masakan China, Oriental, dan Nusantara. Kami pilih 150 koki yang punya kemampuan masakan Timur Tengah," tambahnya.

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas pekerja saat pengemasan makanan di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak menyediakan makanan untuk maskapai.
Menurutnya, kesempatan yang didapatkan oleh Aerofood ACS adalah hal yang menarik. Pasalnya proses penyiapan makanan untuk Raja Salman ini melibatkan 150 koki, bekerja dalam tiga shift kerja, melayani rombongan besar, dan menyajikan makanan dalam jumlah banyak.

"Mekanismenya, kan ada tempat-tempat yang dikunjungi raja dan rombongan. Di tempat itulah kita kerahkan (koki-koki) kita," jelasnya.

Makanan untuk Kerajaan Arab Saudi akan diantarkan dari dapur Aerofood ACS ke Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dan Bandara Internasional Ngurah Rai (Bali) hingga sampai ke pintu pesawat kerajaan Arab Saudi.

BACA: Arab Saudi Lirik Investasi Pariwisata di Mandalika, Lombok

Sebelumnya, Aerofood ACS juga pernah melayani permintaan makanan untuk kunjungan tamu kenegaraan dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda.

Aerofood Indonesia adalah perusahaan yang melayani jasa katering untuk maskapai Garuda Indonesia dan beberapa maskapai penerbangan seperti Hongkong Airlines, Japan Airlines, Korean Air, dan Malaysia Airlines.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Salman akan membawa rombongan dalam jumlah besar sekitar 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Selain Jakarta dan Bogor, Raja Salman dijadwalkan juga akan berlibur ke Bali hingga 9 Maret 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com