Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Balikpapan Resmikan Destinasi Wisata Teluk Seribu

Kompas.com - 28/02/2017, 21:57 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Satu lagi bentang alam yang menjadi obyek wisata baru di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pemerintah Kota Balikpapan meresmikan Teluk Seribu, destinasi baru itu, sebagai wisata menyusuri hutan mangrove (bakau) di sepanjang Sungai Manggar Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur.

"Saya sangat puas dengan capaian ini karena bisa mewujudkan sebuah destinasi baru seperti ini, meskipun memang belum sempurna. Pelan-pelan akan kita benahi terus sampai baik," kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Selasa (28/2/2017).

Peresmian ditandai pemotong pita di ujung gang kecil di Jalan Kesatuan RT 3 Manggar Baru, jalan masuk menuju Kampung Warna Warni, kemudian bekeliling kampung, dan menyempatkan menyusur sungai dengan kapal.

(BACA: Kampung Warna Warni Teluk Seribu, Obyek Wisata Baru di Balikpapan)

Wisata Teluk Seribu merupakan gabungan dua sajian wisata. Pertama, 5 RT di kampung kecil di muara Sungai Somber yang ratusan rumah di dalamnya dibikin warna warni.

Kedua, warga kampung itu juga menawarkan jalan-jalan dengan kapal nelayan untuk menyusur hutan bakau di sepanjang sungai.

KOMPAS.com/DANI JULIUS ZEBUA Dermaga menjadi awal petualangan menyusuri hutan mangrove di sepanjang Sungai Manggar, Balikpapan, dengan menggunakan kapal.
Jadilah para wisatawan pun bisa memilih hanya selfie di kawasan Kampung Warna Warni, ataulah mau berkeliling dengan kapal kelotok, menyaksikan habitat unik penghuni hutan.

"Kita kenalkan dulu destinasi ini ada, kemudian akan kita kembangkan lagi," kata Rizal.

Pemerintah agaknya sengaja mengemas keduanya demi menarik minat wisatawan lokal, nasional, apalagi wisatawan mancanegara. Pilihan selfie di Kampung Warna Warni saja sejatinya sudah menarik.

Mereka yang tidak ingin jauh-jauh menyusur hutan lewat sungai ini, bisa saja menikmati keindahan di sepanjang kampung lantas selfie dan pulang membawa cerita.

Salah satu sudut untuk selfie adalah dinding 100-an meter yang penuh gambar 3 dimensi. "Sudah banyak disebar lewat medsos," kata Cadio Tarompo, pelukis realis yang ikut menggambar dinding.

Pemerintah dan warga setempat mengerjakan semuanya dengan cepat. Mereka mendatangkan relawan untuk mengecat rumah-rumah kayu itu.

KOMPAS.com/DANI JULIUS ZEBUA Kehidupan ekonomi warga Kampung Warna Warni Teluk Seribu, Balikpapan, Kaltim mulai bergairah. Warga jualan pun mulai muncul di sana sini.
Warga yang terpanggil ikut kerja hingga kini. Pembangunannya singkat, dimulai awal Februari 2017 dan kini sudah dibuka.

Pemerintah menggandeng perusahaan Avian Brand sebagai sponsor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com