Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Wisata Ditargetkan 1,7 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 02/03/2017, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Pemerintah menargetkan realisasi investasi pariwisata pada 2017 sebesar 1,7 miliar dollar AS. Investasi yang terkumpul diarahkan untuk pembangunan akomodasi, taman wisata bertema, dan marina.

Kepala Bidang Investasi selaku Pelaksana Harian Asisten Deputi Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Hengky Manurung mengatakan hal itu di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

”Target jumlah taman wisata bertema yang harus terbangun hingga akhir 2019 sebanyak 100. Taman wisata bertema akan menciptakan aktivitas wisata baru. Kehadiran marina-marina baru juga diperkirakan menarik kunjungan turis,” ujar Hengky.

Investasi di bidang akomodasi pariwisata, seperti hotel berbintang, diperkirakan masih jadi penopang utama arus modal masuk seperti pada 2016.

Tahun lalu, Kementerian Pariwisata menargetkan realisasi investasi 1,5 miliar dollar AS. Pencapaiannya tercatat 1,35 miliar dollar AS.

Total realisasi penanaman modal asing (PMA) pada 2016 sebesar 1,19 miliar dollar AS atau meningkat 62,86 persen dibandingkan periode 2015.

Realisasi untuk jenis usaha hotel berbintang pada 2016 mencapai 730,28 juta dollar AS atau sekitar 61,22 persen dari total PMA.

Realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) pada 2016 sebesar 159,96 juta dollar AS.

Realisasi untuk jenis usaha hotel berbintang mencapai 94,88 juta dollar AS atau sekitar 59,32 persen dari total PMDN.

”Pencapaian realisasi investasi tahun lalu memang tidak sesuai dengan target, tetapi pencapaian itu lebih baik dibandingkan pada 2015,” katanya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Didien Junaedy berpendapat, infrastruktur dasar harus disiapkan pemerintah. Tanpa itu, investor enggan masuk.

”Peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga tidak boleh diabaikan. Upaya ini harus berjalan bersamaan dengan langkah menarik investasi. Implementasinya dapat mengajak komunitas masyarakat yang hidup di lokasi wisata,” ujar Didien. (MED)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 1 Maret 2017, di halaman 17 dengan judul "Investasi Wisata Ditargetkan 1,7 Miliar Dollar AS".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com