Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Ini Tersesat dan Mendarat di Jalan untuk Bertanya Arah

Kompas.com - 07/03/2017, 16:03 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah peristiwa "absurd" baru-baru ini terjadi di Kazakhstan. Beberapa waktu lalu, sebuah helikopter tipe Mi-8 mendarat di jalan raya tak jauh dari Desa Karabutak.

Tak lama setelah helikopter tersebut mendarat, seorang pria melompat keluar. Ia berlari ke sebuah truk yang diparkir di sisi jalan, melambaikan tangan kepada pengemudi truk tersebut dan meminta petunjuk jalan.

"Bagaimana mungkin dia tersesat di sebuah padang rumput yang luas? Bagaimana mungkin juga dia tersesat di atas ketinggian?" ujar salah satu warga yang terheran-heran dengan kejadian tersebut.

Setelah mendapatkan bantuan arah yang ia butuhkan, pria itu kembali naik ke helikopternya dan take off atau kembali terbang, seperti dilansir Travel and Leisure, Sabtu (4/3/17).

Setelah berita ini menjadi viral di Kazakhstan, Departemen Pertahanan Kazakhstan mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa pendaratan tersebut merupakan salah satu bagian dari pelatihan militer.

Di pelatihan militer tersebut, ada satu menu latihan yang diberikan untuk pilot. Pilot tersebut akan diberikan misi untuk sampai ke suatu tempat tanpa diberikan titik koordinat dan membolehkan mereka untuk melakukan metode bertanya kepada warga sekitar.

Departemen Pertahanan Kazahstan menambahkan bahwa misi tersebut telah sukses dan sang pilot telah berhasil mencapai tempat tujuan dengan selamat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com