Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Kelezatan Sate Kelinci di Kaliurang

Kompas.com - 07/03/2017, 22:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

BILA Anda jalan-jalan ke kawasan perbukitan, sore hari biasanya cuacanya gerimis. Di Yogyakarta, cuaca seperti itu sering terjadi di daerah Jalan Kaliurang menuju ke kawasan wisata lereng Merapi.

Sambil menikmati gerimis ketika Anda akan menuju ke kawasan wisata Kaliurang. Anda bisa menikmati kuliner yang dapat menghangatkan badan dan lezat.

Adalah sate kelinci Pak Djisman, salah satu wisata Kuliner di Yogyakarta yang kelezatannya nomor wahid.

Warung sate yang terletak di jalan Kaliurang KM 19 Purwodadi, Pakem, Sleman, Yogyakarta tersebut dirintis sejak tahun 2003 silam.

Menurut Djimsan Santoso atau yang akrab disapa Pak Djimsan, warung miliknya dirintis karena dirinya tipikal orang yang tidak bisa "diam".

"Setelah saya pensiun di tahun 2003, saya berpikir untuk belajar beternak kelinci, hingga pada tahun 2004 saya memutuskan untuk membuat warung makan ini," ujar pensiunan guru olahraga itu, seperti dikutip dari Tribun Jogja.

Ia mengaku belajar tentang budidaya kelinci serta pengolahannya hingga sampai ke Jawa Timur dan Bandung.

"Di tempat-tempat tersebut saya bertemu langsung dengan para peternak kelinci, dan belajar mulai dari pembuatan kandang, pakan, jenis kelinci, cara budidaya hingga cara pengolahan daging kelinci," jelas Djimsan.

Usaha warung sate kelinci pak Djimsan terus berkembang. Menurut Pak Djimsan, ada lima konsep yang diterapkan untuk warung sate miliknya.

Ia menyebutnya dengan lima R, yaitu Ramah, Resik (dagangan dan tempat yang bersih), Rikat (cepat menyajikan hidangan yang dipesan pelanggan), Rasa (kualitas rasa yang nikmat), Rego (harga).

"Kami itu tidak cuma cari pembeli, tetapi juga mencari pelanggan. Karena kalau pelanggan sudah cocok dengan unsur-unsur 5R tadi, mereka pasti akan kembali lagi," papar pria 73 tahun tersebut.

Warung Sate yang buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 itu menyediakan menu sate kelinci yang sangat lezat.

Sate kelinci dengan tekstur daging yang lunak serta lembut dicampur bumbu kacang dengan irisan cabai rawit merupakan sensasi kelezatan yang nikmat.

Bumbu kacang yang tidak terlalu manis, menjadikan sate kelinci pak Djimsan mempunyai cita rasa yang gurih.

Gurihnya bumbu tersebut sangat cocok disajikan bersama nasi hangat. Makan sate akan semakin nikmat karena sejuknya udara perkebunan di sekitar warung. Selain sate Kelinci, menu seperti Tongseng kelinci juga tidak kalah lezatnya.

Kuah tongseng yang kental, serta harum bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan tongseng kelinci bisa menjadi menu alternatif lain yang patut untuk dicoba. (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com