Liburan di Bali Saat Nyepi? Simak Tips Ini - Kompas.com

Liburan di Bali Saat Nyepi? Simak Tips Ini

Kompas.com - 09/03/2017, 08:03 WIB
ARSIP KOMPAS TV Ogoh-ogoh ukuran besar berbentuk Buta Kala digotong oleh sejumlah pemuda saat parade Ogoh-ogoh berlangsung di Sanur, Bali, Selasa (8/3/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada Selasa, 28 Maret mendatang. Saat Nyepi, umat Hindu melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan.

Keempatnya adalah amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit. Biasanya, Nyepi dimulai pukul 06.00 Wita. Tapa brata penyepian selesai pukul 06.00 Wita keesokan harinya.

Aturan seperti amati lelungan paling terasa bagi wisatawan. Sebab, pendatang sekali pun tidak diperbolehkan untuk jalan-jalan ke luar dari penginapan selama Nyepi. 

Selain itu, ada pecalang atau polisi adat yang akan mengawasi tertibnya pelaksanaan Nyepi. Berikut beberapa tips untuk Anda yang berwisata ke Bali saat Nyepi seperti dihimpun KompasTravel. 

Pesan tiket pesawat sebelum dan sesudah Nyepi

Pesanlah tiket pesawat untuk keberangkatan sebelum Hari Raya Nyepi, dan kepulangan setelah Hari Raya Nyepi. Baik bandara, pelabuhan, dan terminal diliburkan selama Nyepi. Jangan sampai Anda terjebak di bandara, karena akan tutup sepanjang Nyepi.

Pihak Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai biasanya menginformasikan kepada pihak maskapai dan biro perjalanan untuk menutup semua pembelian tiket di Hari Raya Nyepi.

Jangan keluar dari penginapan

Anda dilarang keluar hotel atau penginapan selama Nyepi. Meski begitu, Anda dibolehkan jalan-jalan di dalam lingkungan hotel.

Hotel-hotel di Bali biasanya menyediakan paket Nyepi. Anda bisa mengikuti kelas yoga, berenang, atau menonton televisi seharian di kamar. 

Jangan membuat keributan 

Anda boleh saja menonton televisi atau mendengarkan hiburan lainnya. Namun, ada baiknya Anda memelankan suaranya agar tidak membuat keributan.

Nyalakan lampu hanya di kamar hotel

Saat Nyepi, semua lampu bagian luar hotel harus dimatikan dan tak boleh ada sedikit pun cahaya yang keluar.

Oleh karena itu, jika kamar tersebut memiliki balkon, jangan nyalakan lampu balkon. Tirai kamar juga harus tertutup rapat agar tidak ada cahaya yang menjalar keluar. 

Jika sakit

Jika Anda merasa sakit dan perlu konsultasi dokter, segera laporkan ke petugas hotel untuk menelfon rumah sakit terdekat.

Nanti, ada ambulans rumah sakit yang akan menjemput Anda. Satu-satunya kendaraan yang dibolehkan bepergian selama Nyepi hanyalah ambulans.

Saat prosesi upacara

Sebelum Nyepi digelar, beberapa upacara adat digelar mulai dari pawai ogoh-ogoh sampai Melasti di pantai.

Nah, saat menyaksikan upacara adat seperti Melasti, bersikaplah sopan. Jangan berjalan di depan rombongan umat, atau melangkahi sesajen yang baru saja dihaturkan. Ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang sopan.

Siapkan perbekalan dan makanan

Semua toko akan tutup selama Nyepi. Oleh karena itu, siapkan perbekalan Anda satu hari sebelumnya. Belilah obat-obatan ringan seperti untuk maag, diare, atau balsam.

Beli juga makanan untuk makan siang dan makan malam selama di penginapan. Camilan juga berguna untuk dikunyah selama menonton televisi atau hiburan lainnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM