Hanya Dua Hari, Koki dari Italia Hadirkan Kuliner Otentik di Jakarta - Kompas.com

Hanya Dua Hari, Koki dari Italia Hadirkan Kuliner Otentik di Jakarta

Silvita Agmasari
Kompas.com - 16/03/2017, 12:03 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Carpaccio di Wagyu. Daging wagyu dengan telur burung puyuh, truffle hitam, dan tanaman herb.

KOMPAS.com - Penasaran akan kuliner Italia yang otentik? Inilah saat yang tepat untuk mencicipinya. Mulai tanggal 16-17 Maret 2017, koki asal Italia yaitu Antonio Faccchinetti hadir untuk menyajikan hidangan Italia klasik di Saporo Deli, Fairmont Jakarta.

"Kami mencoba mengadirkan makanan Italia yang asli dan terbaik. Seperti orang Indonesia yang saat ke luar negeri mencari makanan kampung halaman, apakah suka jika menyantap makanan fusion?" kata Antonio Facchinetti saat ditemui di restoran Saporo Deli, Fairmont Jakarta, Rabu (15/3/2017).

BACA: Atmosfer dan Makanan Otentik Italia di Jantung Seminyak

Antonio Facchinetti adalah koki asal Ponte di Legno, Lombardy, Italia bagian utara. Ia telah 25 tahun berpengalaman di bidang kuliner, bahkan telah memasak pasta sejak usia lima tahun. Saat ini Facchinetti bekerja di Restoran Prego, Singapura.

Khusus dua hari di Jakarta, Facchinetti akan menyajikan hidangan otentik Italia dan menampilkan demo memasak interaktif, seperti membuat pasta segar. KompasTravel sendiri berkesempatan untuk belajar membuat pasta segar dan langsung diajarkan oleh Facchinetti.

"Bahannya hanya 100 gram tepung dan telur, tetapi memang butuh waktu dan latihan untuk menghasilkan pasta yang baik," kata Facchinetti. Ia tanpa ragu menunjukan aneka bentuk pasta. Ia juga memberikan saran  untuk memadupadankan saus kepada pengunjung yang hadir.

Kompas.com/Silvita Agmasari Bigoli con Baccala, pasta bigoli dengan aus tomat dan ikan cod.

Setelah belajar membuat pasta, pengunjung akan disuguhkan hidangan yang dibuat oleh Facchinetti. Ada dua pilihan menu yakni 4 course set menu atau 5 course set menu ala Tuscany. Terdiri dari Caprese di Stracciatella (salad tomat dan paprika dengan keju khas Italia), Carpaccio di Wagyu (irisan daging sapi wagyu dengan telur burung puyuh, truffle hitam, serta keripik parmesan).

BACA: Hmm... Nikmatnya Pasta dan Pizza Cita Rasa Jepang

Kemudian Bigoli con Bacalla (pasta dengan saus tomat dan topping ikan cod), juga Agnell in Crosta (iga kambing muda yang dibalur tepung dan dimasak dengan fry pan).

Hidangan Biglo con Baccala yang pastanya dibuat dengan tangan tanpa mesin menjadi rekomendasi karena tekstur dan rasa yang kaya. Saus tomatnya segar, dengan keasaman yang seimbang.

Kompas.com/Silvita Agmasari Torta al cioccalato, kue cokelat khas Italia.

Sedangkan untuk makanan penutup, Torta al Cioccalato menjadi rekomendasi bagi para pecinta cokelat. Ini adalah kue krim cokelat dipadu pinggiran kue yang garing. Rasanya tak terlalu manis sehingga tak membuat enek.

Untuk harga 4-course set menu pada hari Kamis dihargai Rp 490.000++ per orang, dan 5-course set menu pada hari Jumat dengan free flow wine dihargai Rp 880.000 per orang. Ada baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu ke restoran Saporo Deli untuk mencicipi aneka hidangan ini.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar