Liburan ke Lasem? Ini Panduan Transportasinya... - Kompas.com

Liburan ke Lasem? Ini Panduan Transportasinya...

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 16/03/2017, 13:04 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan berfoto di salah satu bangunan bergaya Cina Hindia di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Desa Karangturi adalah salah satu desa yang memiliki bangunan bergaya Cina Hindia.

LASEM, KOMPAS.com - Punya rencana liburan akhir pekan? Destinasi wisata Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, bisa jadi pilihan.

Lasem menawarkan banyak pilihan wisata seperti wisata kuliner, alam, dan budaya. Akomodasi bergaya China Hindia pun juga bisa dijadikan tempat menginap.

Wisata kuliner yang mesti dicoba di Lasem salah satunya adalah Lontong Tuyuhan. Hidangan ini berisi daging ayam dan tentunya lontong kemudian disiram kuah santan.

BACA: Mencicipi Segarnya Coca-Cola ala Jawa di Lasem

Untuk wisata alam, wisatawan bisa menikmati hamparan sawah dan menyisir sungai melihat hutan bakau. Di ujung daratan Lasem, pantai utara Jawa juga bisa disambangi.

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah menyusuri Kampung Turi yang dipenuhi rumah-rumah bergaya China Hindia. Siapkan kamera agar tak kehilangan momen.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual Lontong Tuyuhan memotong lontong untuk disajikan bersama daging ayam dan kuah kuning di Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan, Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan berada di Jalan Raya Lasem - Pandan. Lebih dari lima penjual Lontong Tuyuhan di sentra kuliner Lontong Tuyuhan.

Lalu bagaimana caranya pergi ke Lasem? Berikut KompasTravel susun panduan transportasi jika melancong dari ibu kota Jakarta.

Pertama, salah satu pilihan transportasi yang bisa digunakan adalah kereta api. Titik keberangkatan bisa dari Stasiun Pasar Senen maupun Gambir.

BACA: Yuk, Berburu Foto Instagramable di Lasem

Kereta api yang melayani tujuan Stasiun Semarang Tawang dari Pasar Senen antara lain Tawang Jaya dan Jaya Baya. Sementara dari Stasiun Gambir yaitu Argo Muria, Argo Anggrek, Bangun Karta, Argo Sindoro, Argo Muria, dan Sembrani.

Seperti dicek di Pegipegi.com, tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen untuk tanggal keberangkatan 17 Maret 2017, berkisar mulai dari Rp 120.000. Sementara dari Stasiun Gambir harga tiket berkisar mulai dari Rp 255.000.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan melewati tembok rumah merah atau juga dikenal dengan sebutan Tiongkok Kecil Heritage di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Tiongkok Kecil Heritage adalah salah satu bangunan bergaya Cina Hindia di Desa Karangturi yang telah direnovasi.
Dari Stasiun Semarang, perjalanan mesti dilanjutkan ke Terminal Terboyo. Opsi tercepat untuk menuju Terminal Terboyo adalah menggunakan taksi dengan total biaya argo mulai dari Rp 30.000.

Sampai di Terminal Terboyo, kendaraan selanjutnya adalah bus. Pilihlah bus jurusan Surabaya seperti bus Widi, PO Jaya Utama, Indonesia, dan lainnya.

BACA: Durian Asli Lasem dengan Rasa Pahit-Manis...

Tiket bus per orang seperti bus Widi Rp 35.000 dan Rp 22.000 untuk PO Jaya Utama. Jangan lupa untuk minta diturunkan di Masjid Jami Lasem atau Bank BNI Lasem.

Perjalanan dari Terminal Terboyo ke Lasem akan menempuh jarak sekitar 121 kilometer. Jika keadaan lalu lintas lancar, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih tiga jam. Sudah siap liburan ke Lasem?

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM