Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Tiramisu, Ini 5 Hidangan Manis Populer Italia

Kompas.com - 23/03/2017, 22:14 WIB

KOMPAS.com - Setiap daerah di Italia memiliki hidangan tradisional masing-masing. Namun ada beberapa hidangan pencuci mulut yang menjadi makanan nasional Italia.

Hidangan manis ini pun tak hanya mudah didapat di Italia tetapi juga menyebar ke berbagai negara di dunia. Berikut lima di hidangan pencuci mulut klasik khas Italia.

Tiramisu
Bisa dibilang, tiramisu merupakan hidangan manis khas Italia paling populer. Resep aslinya berasal dari daerah utara Italia, Treviso. Kue ini terdiri dari biskuit jenis ladyfinger, kopi, dan krim keju.

Cassata Siciliana
Hidangan khas Sicilia ini terbuat dari keju ricotta khas Italia, kue sponge, buah manisan, dan isian cokelat atau vanila.

Panna Cotta
Hidangan ini berasal dari daerah Piemonte. Kue ini biasanya disajikan dengan tambahan buah, cokelat, atau saus karamel. Teksturnya seperti puding dan terbuat dari krim dengan madu dan telur putih.

Baba au Rhum
Kue ini berasal dari Campania, tepatnya dari daerah Naples. Walaupun asal usul kue ini dipercaya dari Polandia. Kue yang direndam di sirum rum dan diisikan krim. Kuenya sendiri terbuat dari telur, susu, dan mentega.

Gelato
Gelato berarti "beku" dan asal usulnya dipercaya dari China. Berbeda dengan es krim pada umumnya, gelato menggunakan krim yang sedikit dan lebih banyak menggunakan susu. Sering kali telur kuning hanya digunakan sedikit atau tidak sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com