Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mengubah Jadwal Tiket Kereta Api yang Telah Dipesan

Kompas.com - 25/03/2017, 10:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin pergi liburan lalu mengalami perubahan jadwal tentu akan memengaruhi seluruh rencana. Dari rencana keberangkatan, tempat menginap, hingga rencana kepulangan. 

Seperti jika Anda pergi naik kereta api. Anda perlu menyesuaikan kembali rencana keberangkatan atau kepulangan. 

Namun, tak perlu risau karena PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan fasilitas untuk mengubah jadwal tiket kereta api. Anda cukup datang ke stasiun dan melakukan perubahan jadwal.

Berikut KompasTravel himpun dari situs PT. KAI tentang panduan mengubah jadwal keberangkatan maupun kepulangan tiket kereta api.

Anda bisa melakukan perubahan jadwal keberangkatan dengan tiket kereta api yang sama dengan waktu yang berbeda. Selain itu, Anda bisa mengubah jadwal kereta api dengan kereta api yang berbeda.

Layanan perubahan jadwal tiket kereta api dilayani di loket stasiun. Adapun perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api baru/pengganti masih tersedia.

Pastikan Anda melakukan perubahan jadwal selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api seperti yang tercantum tiket yang telah dibeli.

Untuk menggunakan fasilitas perubahan jadwal ini, Anda akan dikenakan bea administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket lama di luar bea pesan.

Jika mendapatkan jadwal kereta api baru dengan tarif yang lebih tinggi, maka penumpang selisih tarif. Sementara, jika pada jadwal baru tarifnya lebih rendah maka tidak ada pengembalian bea atas selisih tarif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com