Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Ada Kutu di Kasur Kamar Hotel Anda

Kompas.com - 29/03/2017, 15:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebersihan tentu menjadi faktor penting saat menginap di hotel. Namun, tak pelak ada saja hotel yang kurang memerhatikan higienitas termasuk pada kasurnya. Jika menemukan kutu pada kasur, sebagai tamu Anda berhak melapor kepada petugas hotel. 

"Kutu selalu berpindah tempat. Cara mereka berpindah adalah lewat manusia dan barang bawaan mereka. Misal koper atau pakaian. Cara terbaik adalah melakukan pemeriksaan ketika di hotel dan setelah Anda sampai rumah," tutur Entomolog (ahli serangga) Paul Curtis.

Kutu tak hanya berada di kasur. Serangga dengan nama lain kepinding ini juga dapat berada di transportasi dan fasilitas umum seperti kursi bus, kursi pesawat, kursi bioskop, tirai, dan masih banyak lainnya.

BACA: Mana Kamar Paling Aman di Hotel? Simak Tips Ini

Menurut Paul, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat menemukan kutu di kasur kamar hotel. Mengutip Smarter Travel, berikut daftarnya:

1. Segera hubungi resepsionis hotel. Biasanya hotel memiliki cara tertentu untuk menangani serangga yang ada di kamar. Hal yang lumrah bila Anda meminta pindah ke kamar baru.

2. Jika Anda merasa kutu busuk terbawa pada barang bawaan, tinggalkan koper dan barang bawaan di garasi ketika Anda sampai rumah. Ambillah penyedot debu (vacuum cleaner) dan gunakan pada barang-barang bawaan mulai dari pakaian hingga sepatu.

3. Untuk proteksi lebih, segera cuci pakaian yang Anda bawa saat bepergian. Untuk pakaian yang tak dapat dicuci, jemur selama 20-30 menit. Suhu panas diketahui dapat membunuh kutu busuk dan telurnya. Jika dirasa masih kurang bersih, Anda dapat menghubungi pembasmi serangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com