Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sail Sabang 2017", Frekuensi Kapal Feri Banda Aceh-Sabang Ditambah

Kompas.com - 30/03/2017, 07:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono mengatakan akan menambah frekuensi rute penyeberangan laut Banda Aceh - Sabang untuk mendukung penyelenggaraan "Sail Sabang 2017". Hal itu lantaran kebutuhan penyeberangan diprediksi akan meningkat. 

"Sail Sabang itu proyek nasional. Kami akan tingkatkan akses. Kami akan tambahkan frekuensi penyeberangan. Kita koordinasi dengan ASDP. Beberapa kapal ASDP nanti kita akan alihkan," kata Tonny seusai Rapat Koordinasi Penyelenggaraan "Sail Sabang 2017" di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

BACA: Sail Sabang 2017 Siap Digelar Akhir Tahun Ini

Adapun rencana penambahan frekuensi kapal feri berupa tiga kapal cepat sebanyak tiga perjalanan per hari. Tiga kapal cepat tersebut bisa mengangkut 2.400 penumpang. Sementara itu, kapal ferry lambat digunakan untuk mengangkut logistik.

Penambahan rute tersebut nantinya akan didelegasikan ke pihak penyedia jasa penyeberangan kapal feri yakni ASDP. Menurut Tonny, langkah ini diharapkan bisa mempermudah konektivitas antara Banda Aceh ke Sabang.

Sementara itu, Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Zaini Abdullah mengatakan transportasi laut adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan saat penyelenggaraan Sail Sabang 2017. Ia juga meminta pada Kementerian Perhubungan untuk menambah akses ke Pulau Weh lewat udara terkait acara Sail Sabang 2017.

"Kita ingin lebih banyak ditambah (akses) udaranya," ujar Zaini.

BACA: Makin Jadi Favorit, Kunjungan Turis ke Pulau Sabang Terus Meningkat

Ia mengatakan saat ini Sabang bisa diakses melalui jalur udara dari Kota Medan. Penerbangan dilayani dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Maimun Saleh.

Sail Sabang 2017 akan digelar di Sabang (Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 28 November - 5 Desember 2017. Sejumlah acara disiapkan untuk memeriahkan acara Sail Sabang 2017.

Pada acara pembukaan (opening ceremony) Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang Tall Ship negara-negara yang dilewati India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional. 
 
 
Selain itu, akan digelar sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.
 
Kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com