Ceviche, "Sashimi" ala Peru yang Menggugah Selera - Kompas.com

Ceviche, "Sashimi" ala Peru yang Menggugah Selera

Alek Kurniawan
Kompas.com - 31/03/2017, 14:03 WIB
KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Ceviche merupakan sebuah kombinasi makanan yang juga dihasilkan oleh akulturasi budaya yang ada di Peru

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara destinasi favorit di Amerika Selatan, Peru memiliki aspek gastronomi yang kaya. Keberagaman ini disebabkan oleh masuknya budaya dari bangsa lain seperti Spanyol, Jepang, dan China ratusan tahun silam.

"Salah satu hidangan Peru yang cukup unik adalah Ceviche. Ceviche merupakan kombinasi makanan yang juga dihasilkan oleh akulturasi budaya yang ada di Peru," ujar koki asal Peru, Chef Eduardo Enrique Montes Traverso saat melakukan demo masak di JW Marriot Hotel Jakarta, Kamis (30/3/17).

Bahan utama dari Ceviche, lanjut Chef Eduardo, adalah ikan seabass. Ikan jenis ini kerap dijadikan bahan utama pada masakan Peru. Pada menu Ceviche, seabass disajikan mentah layaknya sashimi di Jepang.

Untuk melengkapi seabass ada ketumbar, jagung, bawang merah yang diiris memanjang, cabai merah yang diiris tipis, dan umbi-umbian.

"Dalam hidangan Ceviche, ikan harus dipotong secara hati-hati dan berbentuk kubus kecil. Bentuk kubus ini juga tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil supaya bumbu-bumbu lainnya dapat meresap ke dalam ikan," tambah Chef Eduardo.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Konsep yang diusung adalah The Peruvian Palate atau Cita Rasa Makanan Peru. Kerja sama ini pula melibatkan chef yang didatangkan langsung dari Peru, Chef Eduardo Enrique Montes Traverso.

Tak butuh banyak waktu untuk membuat Ceviche, karena kita tidak memasak tetapi hanya meracik bahan yang dibutuhkan. Hal yang terpenting adalah semua bahan harus dalam kondisi segar dan dingin. Chef Eduardo mengatakan bahwa ini merupakan kunci utama dalam membuat Ceviche yang lezat.

"Biasanya masakan Peru mempunyai rasa yang tajam, seperti pada hidangan Ceviche ini. Namun saya biasanya menyesuaikan rasa hidangan di negara yang berbeda," tambah koki yang telah berpengalaman selama 10 tahun ini.

KompasTravel pun mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Ceviche. Rasa yang dihasilkan adalah sedikit asin yang disebabkan oleh lemon yang telah terserap baik pada daging ikan dan rasa gurih yang dihasilkan dari bawang merah. Anda bisa juga mencicipi Ceviche dan hidangan khas Peru lainnya pada festival hidangan Peru dengan tajuk Peruvian Palate di Restoran Sailendra, JW Marriott Hotel Jakarta, mulai 24 Maret hingga 20 April 2017.

PenulisAlek Kurniawan
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X