Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau "Roadtrip"? Cek Dulu Jenis-jenis "Camper Trailer" Ini

Kompas.com - 01/04/2017, 20:04 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penyuka roadtrip, memiliki campervan atau camper trailer pasti jadi salah satu bucket list. Ada perbedaan mendasar antara keduanya, campervan mencakup satu mobil sementara camper trailer adalah trailer tambahan yang digandeng oleh mobil.

"Camper trailer sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan kendaraan gandeng yang bisa digunakan untuk bermalam dalam suatu perjalanan. Kendaraan ini tak bermesin, tapi bergandengan dengan mobil di depannya," ujar Tour Operator Samarauke Adventure, Hasan saat ditemui KompasTravel di sela-sela acara International Indonesia Outdoor Festival (IIOutfest) 2017 di Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4/17).

Hasan menjelaskan, perjalanan darat menggunakan camper trailer terbilang langka di Indonesia. Biasanya camper trailer digunakan oleh warga negara Amerika Serikat atau Australia.

"Oleh karena itu kami di sini ingin memperkenalkan macam-macam camper trailer. Misalnya jenis Pop-up Tent, Teardrop dan Caravan," tambah Hasan.

Camper trailer yang paling minimalis, lanjut Hasan, adalah Pop-up Tent. Camper trailer jenis ini biasanya berkapasitas empat orang. Fasilitas yang terdapat pada jenis ini adalah dapur minimalis, ruang tengah, dan ruang tidur lengkap dengan kipas angin. Ada juga penampungan air bersih berkapasitas 180 liter.

"Yang kedua ada camper trailer jenis Teardrop. Hampir sama dengan Pop-up Tent, camper trailer jenis ini juga berkapasitas empat orang. Yang membedakan hanya lokasi tempat tidurnya. Kalau Pop-up Tent, kamar tidurnya berada di samping. Sedangkan untuk Teardrop berada di dalam trailer," papar Hasan.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Camper trailer jenis Teardrop berkapasitas empat orang.

Fasilitas yang biasanya terdapat pada camper trailer jenis Teardrop adalah dapur, meja makan, televisi, karaoke set dan kamar tidur dengan pendingin ruangan. Terdapat tempat penampungan air bersih sebanyak 200 liter.

Selanjutnya, camper trailer yang terbesar adalah jenis Caravan dengan kapasitas 6-8 orang. Caravan mempunyai penampungan air sebanyak 280 liter. Fasilitas yang tersedia di Caravan hampir sama dengan Teardrop, yang membedakan hanyalah kamar mandinya.

"Untuk jenis Pop-up Tent dan Teardrop, kamar mandinya portable bisa dibawa ke mana saja. Sedangkan pada Caravan, kamar mandi terdapat di dalam trailer," jelas Hasan.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Camper trailer yang terbesar adalah jenis Caravan dengan kapasitas 6-8 orang.

Saat ditanya mengenai kisaran harga camper trailer ini, Hasan menjelaskan untuk jenis Pop-up Tent dihargai Rp 120 juta, Teardrop Rp 180 juta, dan Rp 200 juta untuk jenis Caravan. Harga sudah termasuk fasilitas di dalam trailer seperti kasur, ac, kulkas, dan sebagainya. Tertarik untuk memiliki camper trailer dan melakukan perjalanan darat yang mengesankan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com