Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Main Lempar Tangkap Bumerang

Kompas.com - 02/04/2017, 11:42 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sejarahnya, bumerang digunakan sebagai alat untuk berburu yang digunakan oleh Suku Aborigin di Australia.

Namun jika Anda ingin mencoba dan bermain bumerang, tak perlu jauh-jauh ke Australia, karena di Indonesia pun ada komunitasnya.

"Di Indonesia sendiri ada komunitas bagi para pencinta olahraga bumerang, Komunitas Bumerang Indonesia namanya," ujar salah satu anggota Komunitas Bumeran Indonesia, Wahyu kepada KompasTravel pada acara IIOutfest 2017 di Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

(BACA: Belanja Sepatu Gunung? Harganya Mulai Rp 250.000 di IIOutfest 2017)

Komunitas ini, lanjut Wahyu, bertujuan untuk wadah interaksi dan berbagi pengetahuan tentang bumerang dan seluk beluknya.

"Bumerang tak hanya berbahan kayu dan logam, namun juga berbahan fiber dan plastik. Nah biasanya bahan inilah yang digunakan untuk pemula belajar melempar bumerang," kata Wahyu.

KompasTravel pun sempat mencoba melempar bumerang dengan menggunakan bumerang berbahan fiber dengan bentuk tiga siku. Bumerang ini lazim digunakan untuk pemula untuk belajar.

"Cara melempar bumerang itu sebenarnya simpel. Badan harus tegak dan posisi melempar bumerang harus lurus ke depan. Arah angin dan kecepatan angin juga berpengaruh, jadi sesuaikan tenaga untuk melempar bumerang," jelas Wahyu.

Komunitas Bumerang Indonesia memperkenalkan dua jenis bumerang yang bisa dipakai untuk bermain. Ada bumerang indoor dengan jarak tempuh 6-8 meter dan ada juga bumerang outdoor yang bisa menempuh jarak hingga 20 meter.

Bagi pengunjung IIOutfest 2017 yang ingin mencoba melempar bumerang, bisa langsung datang di area permainan dan bisa bermain secara gratis. Anda juga bisa juga untuk mengoleksi macam-macam jenis bumerang mulai dari Rp 40.000 untuk bumerang berbahan fiber plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com