Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Komodo, Lewat Sumbawa Saja

Kompas.com - 04/04/2017, 11:03 WIB

"MAU ke Komodo, Pak?” Mita (25), petugas hotel di Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, melontarkan pertanyaan itu, Rabu (29/3/2017) petang.

Dari Pelabuhan Sape ternyata tiap hari ada feri yang melayani rute ke Labuan Bajo, gerbang utama menuju pulau berpenghuni reptil raksasa itu.

Dari Sape, kota kecamatan di ujung timur Pulau Sumbawa, sebagian kecil wisatawan yang hendak ke Pulau Komodo dan destinasi lain di kawasan perairan itu dapat memulai perjalanan.

Dari Sape ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), butuh enam jam berlayar.

”Dalam satu minggu, dua-tiga hari biasanya ada wisatawan asing yang menginap di sini. Beberapa hari lalu ada seorang wisatawan asal Polandia yang menginap di sini sebelum melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo,” ujar Mita.

(BACA: Kejarlah Ombak sampai Sumbawa Barat)

Namun, esok harinya, Kamis, di feri yang mulai berlayar pukul 10.25 itu tidak ada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik.

Penumpang kapal yang naik, sekitar sepertiga dari kapasitas kapal yang lebih dari 300 orang itu, kebanyakan pedagang yang hendak berjualan di Pulau Flores serta pelajar dan pekerja yang hendak pulang kampung.

Perjalanan enam jam di atas Kapal Motor Penumpang Cakalang itu tidak membosankan. Dari kapal tampak tepian pulau-pulau berpasir putih. Bahkan, setelah keluar perairan Sape, penumpang disuguhi gagahnya Gunung Sangeang.

Berkunjung ke Pulau Komodo serta destinasi wisata lain, seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pantai Pink, melalui Pulau Sumbawa pun merupakan pengalaman menarik bagi wisatawan.

Setelah menikmati sejumlah destinasi wisata menarik, misalnya ”negeri di atas awan” Desa Mantar di Kabupaten Sumbawa Barat, Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa, Gunung Tambora di Kabupaten Dompu, Istana Kesultanan Bima di Kota Bima, dan wisata di sekitar Sape, wisatawan dapat melanjutkan petualangan ke Labuan Bajo.

(BACA: Menyambangi TN Komodo, Ini 5 Destinasi Andalannya)

Pilihan perjalanan melalui Sumbawa itu misalnya dilakukan oleh Rao dan Eki, warga Medan.

”Saya naik pesawat ke Lombok, lalu melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo melalui Sumbawa. Kami menyeberang melalui Sape,” kata Rao saat ditemui di obyek wisata Pulau Padar,
Kabupaten Manggarai Barat.

Di sepanjang perjalanan mulai dari Pototano di Sumbawa Barat hingga Sape di ujung timur Pulau Sumbawa, wisatawan juga disuguhi pemandangan beragam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com